Khidmatnya Ibadah Jelang Paskah di HKBP Serang, TNI-Polri Jaga

Daftar Isi

    Foto: Kebaktian jelang Jumat Agung di gereja HKBP Maranatha di Kota Serang. (VIVA/Yandi Deslatama)

    Lancang Kuning – Umat Kristen yang sedang beribadah di gereja HKBP Maranatha di Kota Serang, Banten merasa nyaman dengan penjagaan yang dilakukan oleh TNI-Polri. Mereka mengaku lebih khidmat dalam beribadah jelang peringatan Jumat Agung dan Paskah pada hari Minggu nanti.

    "Kita sangat salut TNI-Polri yang ikut mengamankan perayaan ibadah kita. Ya merasa lebih tenang, lebih nyaman," kata Pendeta Timbul Mangasi Simorangkir di HKBP Maranata di Kota Serang, Banten, Kamis, 1 April 2021, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Pendeta Timbul bercerita semenjak pandemi COVID-19 pola ibadah berubah dari kapasitas 1.500 jemaat menjadi hanya diisi 40 persen jemaat. Kemudian umat Kristiani yang akan masuk dicek suhu tubuhnya di depan gerbang kemudian di arahkan mencuci tangan di halaman gereja.

    "Kemudian membuat live streaming. Sebelum masuk di cek suhu, cuci tangan kemudian ada hand sanitizer, kemudian di semprot disinfektan. Ada perubahan perayaan kita ini," terangnya.

    TNI-Polri juga menjamin keamanan umat Kristiani yang beribadah dengan memperketat penjagaan di setiap area gereja. Patroli skala besar juga dilakukan oleh TNI, Polri, Satpol PP hingga Dishub.

    Penjagaan di seluruh gereja dilakukan sejak Kamis hingga Minggu nanti secara bergantian. Harapannya, umat Kristiani merasa nyaman dalam beribadah dan terciptanya kondusivitas keamanan.

    "Pengamanan masyarakat yang ibadah paskah, Kamis putih, Jumat Agung, Minggu Paskah. Kita harapkan situasi tetap kondusif sehingga masyarakat tetap nyaman dan khidmat. Kita mengamankan gereja di wilayah Banten yang melaksanakan ibadah," kata Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Gumuruh Winardjadmiko, di tempat yang sama.

    Pascteror Makassar dan Mabes Polri, Polda Banten menerjunkan setengah personelnya untuk menjaga keamanan selama libur Paskah. Densus 88 hingga intelijen dari TNI dan Polri terus berjaga.

    Masyarakat terutama umat Kristiani diimbau tetap tenang namun terus meningkatkan kewaspadaan. Pihaknya akan terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

    "Jadi kita tetap waspada, memang eskalasi lagi meningkat tapi semua sudah diantisipasi. Baik densus, TNI, jajaran kita di kewilayahan Banten khususnya. Kita secara bahu-membahu baik intelijen segala macam kegiatan kita pantau," kata Wakapolda Banten, Brigjen Pol Ery Nursatari. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Khidmatnya Ibadah Jelang Paskah di HKBP Serang, TNI-Polri Jaga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar