Keunggulan Jurusan Kehutanan

Daftar Isi

    LancangKuning - Kehutanan adalah ilmu yang mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan seperti, keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dll. ilmu Kehutanan juga mempelajari tentang pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan yang erat kaitannya dengan berbagai permasalahan lingkungan. D ibeberapa perguruan tinggi Kehutanan juga termasuk dari bagian Fakultas Pertanian.

    Dalam jurusan kehutanan, skill yang dibutuhkan adalah fisik yang bagus, problem solving, dan kemampuan analisa yang baik untuk hal yang tidak terduga. Skill tersebut dibutuhkan karena aktivitas siswa berada diluar ruangan dan lebih sering melakukan praktik lapangan daripada di dalam kelas. Jurusan kehutanan membutuhkan passion yang kuat, terutama kecintaan mereka terhadap alam. Kecintaan mereka terhadap alam biasanya juga diiringi jiwa sosial yang tinggi, dan kebanyakan dari mereka juga merasa nyaman saat berada d itengah alam. Jika seorang siswa memiliki ketiga sifat tersebut, dapat dipastikan dia akan memilih jurusan kehutanan.

    Keunggulan Jurusan Kehutanan

     Jurusan Kehutanan memiliki beberapa keunggulan yaitu:

    1. Essensi kerja yang mulia di dunia Kehutanan yaitu melestarikan lingkungan hutan dan dapat menjaga jutaan jiwa, karena hutan merupakan sumber oksigen yang dihirup makhluk hidup.
    2. Memiliki prospek kerja yang luas. Lulusan kehutanan memiliki prospek kerja yang banyak dan penghasilan yang banyak, contohnya teknisi konservasi lingkungan, ahli konservasi hutan, dosen, birokrat, dan lain-lain.
    3. Belajar diluar ruangan. Jurusan ini bagus untuk siswa yang suka pekerjaan outdoor dan cepat bosan dengan pelajaran dalam kelas.

    Prospek Kerja Jurusan Kehutanan

    Kehutanan menjadi salah satu jurusan di perguruan tinggi yang fokus materinya pada hutan, kayu, ekologi tumbuhan, termasuk juga belajar soal satwa dan ilmu tanah. Jurusan kehutanan memiliki prospek kerja yang luas dan penghasilan yang tinggi. Berikut ini merupakan pekerjaan bagi lulusan jurusan kehutanan:

    1. NGO

    NGO merupakan singkatan dari Non-Government Organization atau lebih dikenal sebagai LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Lulusan kehutanan bisa memulai karir melalui lembaga-lembaga non-profit ini untuk ikut menyuarakan hal-hal terkait dengan hutan, seperti penebangan liar hingga kebakaran hutan.

    2. Perusahaan Industri Hasil Hutan

    Lulusan kehutanan bisa bekerja di perusahaan industri hasil hutan. Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri hasil hutan. Contoh perusahaan industri hasil hutan adalah pabrik kertas.

    3. Wirausaha

    Lulusan Kehutanan dapat membuka usaha yang mengolah hasil hutan. Berbekal ilmu yang dimiliki, lulusan kehutanan dapat mengetahui kualitas sebuah produk hutan. Jika tertarik dan memiliki keahlian, lulusan kehutanan dapat membuka usaha mebel. Sebagai pengusaha, penghasilan tidak akan pernah pasti angkanya. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan omset usaha. Semakin besar omsetnya, semakin besar pula penghasilannya.

    4. Petani Hutan

    Lulusan ilmu kehutanan juga bisa menjadi petani hutan. Pekerjaan ini sama seperti petani pada umumnya, yaitu memanfaatkan lahan. Namun bedanya, petani hutan memanfaatkan lahan dan hasil yang ada di hutan. Menjadi petani hutan hampir sama dengan menjadi pengusaha, penghasilan perbulannya tidak pasti. Penghasilan petani hutan akan meningkat seiring dengan melimpahnya hasil panen.

    5. Perusahaan Tambang

    Lulusan kehutanan juga bisa bekerja di perusahaan tambang. Alih-alih berurusan dengan galian tambang, Lulusan kehutanan ditugaskan untuk mengembalikan fungsi hutan sebagaimana mestinya setelah perusahaan selesai melakukan aktivitas tambang di hutan.

    6. Instansi Pemerintah

    Peluang kerja untuk lulusan kehutanan berikutnya adalah bekerja di lembaga pemerintah. Untuk lulusan yang ingin bekerja sebagai PNS, seorang lulusan dapat bekerja di instansi pemerintah di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Lulusan kehutanan juga bisa bekerja di salah satu BUMN, seperti Perum Perhutani. Dengan bekal ilmu yang dimiliki, Sarjana kehutanan dapat membantu pemerintah menyelesaikan segala permasalahan kehutanan yang ada di negeri ini.

    7. Pengajar

    Menjadi pengajar bisa menjadi pilihan karir yang tepat untuk lulusan kehutanan. Lulusan kehutanan dapat menjadi dosen kehutanan. Namun, lulusan kehutanan perlu menempuh pendidikan yang lebih tinggi untuk dapat menjadi seorang dosen. Dibutuhkan gelar Strata 2 (S2) untuk dapat menjadi dosen.

    8. Peneliti

    Peluang kerja berikutnya adalah menjadi seorang peneliti. Pekerjaan ini masih berkaitan erat dengan dunia akademisi. Sarjana kehutanan akan banyak melakukan kegiatan penelitian. Bahkan seorang peneliti akan selalu kembali melakukan perjalanan ke dalam hutan demi melakukan berbagai penelitian. Hasil penelitian ini nantinya bisa memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan di bidang kehutanan.

    9. Ahli Konservasi Hutan

    Peluang kerja selanjutnya adalah bekerja sebagai ahli konservasi hutan yang bertugas menjaga hutan dan semua makhluk hidup yang ada di dalamnya. Seorang ahli konservasi hutan dapat bergabung dengan perusahaan yang aktif melakukan konservasi hutan atau bisa juga bergabung dengan NGO yang aktif mengkampanyekan konservasi hutan.

    10. Bidang Pemetaan Hutan

    Lulusan ilmu kehutanan juga dapat bekerja di bidang pemetaan hutan. Seorang ahli pemetaan akan melakukan pemetaan lahan yang akan dibatasi sebagai hutan lindung atau hutan produksi atau yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui persebaran tumbuhan di hutan dan mengklasifikasikan jenis hutan.(Syahdan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunggulan Jurusan Kehutanan
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar