Dasar-dasar Komunikasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebelum kita mengenal lebih jauh apa itu komunikasi saya akan memberi satu contoh terlebih dahulu. Dalam berbisnis kita pasti akan banyak berkomunikasi. Keberhasilan seorang pebisnis bukan hanya faktor kerja keras dan pengetahuan saja namun harus didukung oleh kemampuan personal branding dan teknik komunikasi.

    Istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris commnunication dalam bahasa latin communicationem atau communication yang mempunyai arti bergabung, menyampaikan, menginformasikan, berbagi, bersatu. Dalam harfiah dapat diartikan sebagai communis yang memiliki arti menjadi milik bersama.

    Paradigma Laswell menunjukan bahwa sebuah komunikasi dapat meliputi 5 unsur dalam menjawab suatu pertanyaan, yakni :

    1. Komunikator (orang yang mengatakan pertanyaan)
    2. Pesan (hal apa saja yang dia katakan)
    3. Media (melalui apa dia mengatakannya )
    4. Komunikan atau Penerima (kepada siapa pesan itu ditujukan)
    5. Efek (menghasilkan efek apa).

    Jadi berdasarkan paradigma Laswell tersebut, komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator (orang yang memberikan pertanyaan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media dan menimbulkan efek tertentu.

    Komunikasi dapat terjadi karena adanya satu atau lebih dari dua orang yang menyampaikan pesan atau informasi bisa melalui informasi, ide gagasan, atau himbauan yang nantinya akan mengubah tingkah laku atau sikap mereka baik secara langsung maupun tidak.

    Berikut Analisis menurut Laswell

    1. Siapa yang mengatakannya?
      Siapa atau komunikator adalah orang yang memulai suatu komunikasi baik itu dalam bentuk individu, kelompok, organisasi, bahkan suatu negara yang menjadi komunikator.
    2. Apa isi pesannya?
      Hal ini tentang apa saja yang disampaikan komunikator kepada si komunikan. Pesannya juga bebas bisa berdasarkan ide, gagasan, bahkan perasaan.
    3. Melalui apa?
      Untuk menyampaikan sebuah pesan banyak cara yang kita bisa gunakan baik itu secara langsung atau bertatap muka maupun secara online.
    4. Untuk siapa?
      Seperti yang telah dijelaskan orang yang menerima pesan bisa dari individu, kelompok, organisasi maupun suatu Negara. Dalam hal ini juga sering disebut sebagai pendengar.
    5. Apa efek yang di timbulkan?
      Efek yang ditimbulkan dapat berbagai macam setelah si pendengar menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator perubahan bisa dalam bentuk bertambahnya pengetahuan, perubahan sikap dan lain-lain.

    Suatu komunikasi tidak mungkin dapat terjadi tanpa adanya kata-kata. Suatu komunikasi membutuhkan suatu proses yang berkelanjutan. Komunikasi itu pun dibagi menjadi komunikasi verbal dan nonverbal yakni:

    • Komunikasi verbal adalah komunikasi melalui penyampaian kata-kata.
    • Komunikasi nonverbal diungkapkan melalui ekspresi wajah, gerak tubuh serta postur.

    Semua hal itu tidak akan pernah berjalan secara terpisah dalam suatu rangkaian kejadian atau peristiwa keduanya selalu berjalan secara bersamaan.

    Arah Komunikasi

    Terdapat beberapa arah komunikasi berikut penjelasannya:

    1. Komunikasi Vertikal
      Komunikasi jenis ini adalah komunikasi dari bawah sampai ke atas atau sebaliknya dapat dianalogikan sebagai pimpinan kepada bawahan juga berlaku pada sebaliknya.
    2. Komunikasi Horizontal
      Komunikasi jenis ini adalah komunikasi secara mendatar, dapat dianalogika sebagai komunikasi antara karyawan yang satu dengan karyawan lainnya. Terkadang komunikasi jenis ini sering berlangsung tidak formal.
    3. Komunikasi diagonal
      Komunikasi jenis ini adalah komunikasi silang antara seseorang yang berbeda dalam kedudukan.

    Suatu komunikasi dapat dipengaruhi juga oleh sebuah faktor, berikut faktor yang mempengaruhinya :

    • Usia
      Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan perkembangan dari sisi usia karena bahasa dan proses berpikir juga sangat mempengaruhi. Cara komunikasi antara balita dengan remaja juga jelas sangat berbeda.
    • Persepsi
      Ini mengenai pandangan pribadi seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Hal ini dibentuk oleh harapan dan pengalaman.
    • Nilai
      Nilai adalah tolak ukur seseorang untuk menilai seseorang sehingga dapat membuat keputusan dan interaksi berdasarkan hal tersebut.

    Kesimpulan

    Komunikasi merupakan fundamental dalam kehidupan sehari-hari kita. Karen hal ini mengatur bagaimana kita dalam berkomunikasi dengan orang lain dengan berbagai perbedaan yang kita miliki.(Romi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dasar-dasar Komunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar