Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Daftar Isi

    LancangKuning - Akuntansi manajemen ialah memberikan informasi kepada orang-orang dalam suatu organisasi sedangkan akuntansi keuangan ialah memberikan informasi kepada orang-orang luar suatu organisasi seperti pemegang saham akuntansi keuangan ini digunakan terutama oleh mereka orang-orang yang di luar perusahaan ataupun organisasi.

    Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan perencanaan pengelolaan penyimpanan serta pengendalian dana dan asset yang dimiliki oleh perusahaan.

    Fungsi utama dari akuntansi manajemen merupakan suatu yang dapat dalam penggajian informasi serta data penting yang berkaitan dengan data historis dalam pelaksanaan proses dan manajemen perusahaan juga dapat fungsi untuk mencakup perencanaan pengendalian pengarahan pengorganisasian dan juga penilaian kinerja.

    Fungsi manajemen keuangan yang perlu anda ketahui ialah planning, budgeting, controlling, auditing dan reporting. Planning disini ialah perencanaan dari mulai arus kas hingga labu rugi perusahaan audit internal harus dilakukan agar sesuai dengan standar akuntansi dan tak terjadi penyimpangan.

    Akuntansi manajemen merupakan hal yang sangat penting untuk membangun perusahaan akuntansi manajemen juga diperlukan untuk menyusun laporan pada beberapa kelompok non-manajemen seperti contoh pemegang saham badan pengatur dan otoritas pajak serta kreditur.

    Contoh manajemen keuangan ada beberapa diantaranya ialah pembuatan laporan laba rugi, laporan neraca harta, model dan utang, laporan arus kas, laporan piutang dan utang dan masih banyak yang lainnya oleh laporan-laporan tersebut merupakan suatu bagian dari manajemen dalam keuangan perusahaan.

    Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan ini ialah

    • Perencanaan
    • Penganggaran
    • Pemeriksaan
    • Pengelolaan
    • Pengendalian
    • Pencarian
    • Penyimpanan dana yang dimiliki oleh internal dan organisasi perusahaan.

    Perbedaan dari segi tujuan akuntansi akan memberikan informasi pelaporan keuangan kepada pihak internal maupun eksternal suatu bisnis sedangkan keuangan akan memberikan informasi tentang keuangan kepada pihak internal perusahaan untuk kepentingan strategi di masa depan.

    Akuntansi keuangan merupakan suatu bidang dalam akuntansi ini yang berfokus pada penyiapan laporan dan keuangan pada suatu perusahaan yang dilakukan secara bertahap dalam laporan ini dapat sekaligus sebagai bentuk bertanggung jawaban oleh manajemen kepada pemegang saham atau investor.

    Lulusan manajemen keuangan dapat berkarir di lembaga keuangan seperti otoritas jasa keuangan, departemen keuangan, bank, asuransi, lembaga penyimpanan dan pinjaman, dan lembaga kradit.

    Laba jika kita mendengar kata ini maka yang terpintas dalam perusahaan merupakan tujuan utama yang ingin dicapai meskipun di satu sisi tujuan sebenarnya dalam pandangan manajemen keuangan bukan memaksimalkan laba melainkan memaksimalkan kekayaan pemegang saham atau memaksimalkan nilai.

    Tipe-tipe akuntansi manajemen ialah

    • Informasi akuntansi penuh
    • Informasi akuntansi diferensial
    • Informasi akuntansi pertanggung jawaban

    Persamaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen ialah akuntansi keuangan berkaitan dengan operasi perusahaan secara keseluruhan sedangkan akuntansi manajemen berkaitan dengan satuan-satuan pertanggung jawaban yang lebih terinci.

    Akuntansi keuangan memberikan informasi  tentang yang dibutuhkan oleh pihak eksternal seperti pemegang saham, investor, kreditor, pemerintah, pejabat, analis keuangan, vendor, public sedangkan laporan keuangan ini terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan model, laporan alur kas dan catatan atas laporan keuangan.

    Tujuan manajemen merupakan suatu yang dapat diinginkan oleh realisasi yang menggambarkan dalam cakupan tertentu dan menyarankan pengarahan kepada usaha seorang manajer berdasarkan pengertian ada empat elemen pokok dalam tujuan manajemen yaitu sesuatu yang ingin direalisasikan dan cakupan.

    Kelemahan UKM dari aspek manajemen keuangan ialah

    1. Tidak ada pemisah harta perusahaan dan harta pribadi
    2. Tidak melakukan pencatatan
    3. Mengabaikan anggaran penyusutan
    4. Mengabaikan penghargaan untuk diri sendiri

    Dalam laporan keuangan manajemen tidak bisa disajikan secara rinci karena hanya bisa dikelompokkan pada akun-akun atau tabel-tabel dengan kode tertentu laporan keuangan tidak dapat menggambarkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manajemen Keuangan dan Akuntansi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar