Fungsi Manajemen Sumber Daya Alam

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen sumber daya alam merupakan penerapan dari ilmu manajemen sumber daya alam seperti air, tanah, tumbuhan, dan hewan dengan berfokus terhadap bagaimana manajemen mampu mempengaruhi kualitas hidup manusia sekarang dan saat masa depan nanti. Manajemen sumber daya alam juga mengatur manusia dan alam berinteraksi. 

    Manajemen air, sosiologi pedesaan ,manajemen lingkungan,  dan juga perencanaan tata ruang dan wilayah bergerak bersama manajemen sumber daya alam terutama pada sektor yang mendayagunakan alam seperti industri pertanian, pertambangan, perikanan, dan kehutanan. Manajemen sumber daya alam bertujuan untuk penerapan ilmu dan pemahaman terhadap sumber daya alam, interaksi pada makhluk hidup, dan kapasitas penunjang hidup dari sumber daya alam tersebut.

    1. Staffing (Mengatur Keanggotaan)

    Fungsi dari manajemen sumber daya manusia adalah keanggotaan. Pada fungsi ini ada tiga bagian penting yang termasuk yaitu perencanaan, penarikan, dan seleksi.

    Semakin banyaknya perusahaan yang berdiri di suatu tempat maka, semakin banyak pula sumber daya manusia yang akan dibutuhkan. Manajemen sumber daya manusia berfungsi di mana memiliki tugas untuk menyaring, memilihnya. Fungsi manajemen sumber daya manusia ini sangat berpengaruh untuk menentukan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan-perusahaan. Agar mendapatkan pekerja yang sesuai keinginan maka, departemen sumber daya manusia biasanya melakukan serangkaian kegiatan seperti wawancara, tes keahlian, dan mencari tahu latar belakang orang tersebut.

    1. Evaluasi

    Manajemen sumber daya manusia mempunyai fungsi yaitu evaluasi. Evaluasi juga termasuk dalam melakukan pelatihan dan penilaian. Departemen sumber daya manusia wajib bertanggung jawab pada pengadaan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut. Biasanya mereka yang akan memberi pelatihan terhadap para calon dan memastikan para calon mendapat evaluasi atau penilaian terhadap performa mereka dari seluruh bagian aspek-aspek perusahaan atau pihak-pihak terkait. Selain terhadap calon, departemen juga melatih para manajer untuk membuat standar kerja yang dinilai bagus dan membuat sebuah penilaian akurat dan tepat.

    1. Penggantian dan Kepuasan

    Fungsi selanjutnya adalah penggantian atau kepuasan. Fungsi manajemen sumber daya manusia ini bersamaan dengan pergantian kinerja yang telah dilakukan oleh para sumber daya manusia di mana berhubungan juga dengan kepuasan yang diterima oleh perusahaan. Departemen sumber daya manusia memiliki tugas untuk membuat perkembangan struktur gaji yang lebih baik, sementara pihak manajer memiliki tugas berupa pemberian gaji kepada pegawai. Kedua pihak yang meliputi manajemen sumber daya manusia ini harus melakukan komunikasi yang sangat baik. Mereka harus memastikan gaji beserta hal yang berkaitan meliputi gaji pokok, bonus, insentif, asuransi, jatah cuti, dan lainnya terhadap sumber daya manusia sesuai dengan keputusan yang dibuat juga sesuai dengan hukum (peraturan standar seperti upah minimum regional).

    1. Pelatihan dan Penasehat

    Manajemen sumber daya manusia juga memiliki fungsi yaitu pelatih dan penasehat. Pihak departemen bertanggung jawab untuk membantu manajer dalam membuat program-program pelatihan untuk calon karyawan, karyawan baru, atau juga karyawan lama demi menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas dan baik. Selain melatih juga menjadi penasehat yang akan memberi masukan ke pada pihak manajer, serta mencarikan solusi bila terjadi kasus atau masalah yang sedang terjadi.

    1. Membangun Relasi

    Fungsi selanjutnya adalah membangun relasi. Manajemen sumber daya manusia sangat berperan penting dan memiliki tugas untuk membangun hubungan seperti melakukan negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja. Departemen harus berperan aktif untuk mencari jalan persetujuan antara perusahaan dengan serikat pekerja, juga membantu untuk menghindari datangnya keluhan atau masalah. Di sini departemen juga harus berusaha agar tidak terjadi tindakan tidak baik yang dapat dilakukan oleh para karyawan seperti mogok bekerja dan demonstrasi.

    Pada dasarnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi ini yaitu bahwa departemen sebagai manajemen sumber daya manusia merupakan ikatan antara sumber daya manusia yaitu karyawan dengan pihak serikat sumber daya manusia atau serikat pekerja.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen Sumber Daya Alam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar