Cara Belajar Mobil Matic Pemula

Daftar Isi

    LancangKuning - Bagi beberapa orang, mengemudi mobil bukan hal yang sulit. Bagi para pemula, tentu saat akan mengalami kesulitan saat pertama kali belajar mengendarai mobil. Pada umumnya, rasa gugup dan takut sering menghampiri mereka.

    Salah satu mobil yang banyak diminati yaitu mobil dengan transmisi matik. Mobil dengan transmisi matik dianggap lebih mudah dari pada manual. Dengan begitu, mengemudi mobil matik harus memerlukan latihan yang rutin dan sungguh-sungguh. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu fokus. Anda pula pengendara lain, seperti pengendara motor, truk, bus, sepeda dan pejalan kaki.

    Oleh sebab itu, anda harus tetap fokus dan jangan bermain handphone saat sedang mengemudi. Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut juga bisa membahayakan orang lain. Sebelum anda memulai mengemudi, anda juga harus memahami posisi dan urutan pada tuas transmisinya. Hal itu harus dipahami mengingat tuas transmisi selalu digunakan untuk berkendara.

    Terdapat baris gabungan huruf dan angka pada tuas transmisi yang harus anda pahami, yaitu P-R-N-D-2-L  atau P-R-N-R-M (+/-). D digunakan ketika mobil akan berjalan ke depan, atau ketika anda memulai melaju. Apabila kecepatan sedang, anda dapat menggunakan D. N merupakan netral, atau tanpa gigi. Biasanya N digunakan ketika berhenti di lampu lalu lintas atau saat jalanan macet. Jika anda sedang berada di jalan yang menanjak, sebaiknya pindahkan tuas transmisi pada pilihan L atau 2.

    Selain itu jika anda ingin memarkirkan mobil, pindahkan tuas ke P dan gunakan R ketika anda ingin berjalan mundur. Tidak hanya posisi dan perpindahan tuas transmisi saja yang perlu anda pahami, ada juga fitur-fitur mobil seperti tombol klakson, lampu sign, AC, dan lain-lain juga perlu dikenali. Fitur-fitur yang sudah tersedia di dalam mobil tentu juga mempunyai banyak kegunaan. Contohnya seperti lampu sign untuk tanda akan menyeberang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kenali dan pahami fitur-fitur mobil sebelum anda berkendara.

    Setelah sudah memahami tuas transmisi dan fitur mobil, anda bisa memulai berlatih mengendarai mobil. Lakukan latihan ini secara bertahap mulai dari tempat yang sepi hingga seperti tikungan atau menyeberang jalan. Anda harus bersabar dan tetap terus berlatih hingga bisa mengendarai mobil. Semakin sering anda berlatih, semakin lihai juga anda dalam berkendara. Berlatih parkir juga perlu di lakukan. Banyak orang yang bisa mengendarai mobil tapi mengalami kesulitan parkir. Oleh karena itu, berlatih dengan sungguh-sungguh sampai lancar berkendara mobil.

    Biasanya seseorang yang sedang belajar mobil akan merasa gugup dan mudah panik. Mereka merasa gugup karena belum pernah sama sekali mengendarai mobil tersebut. Salah satu caranya agar cepat bisa mengendarai mobil yaitu harus tetap tenang dan jangan panik. Hal ini dikarenakan, apabila sedang panik akan susah untuk fokus dan berkonsentrasi. Bahkan bisa melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan, misalnya seperti menginjak rem secara mendadak dan lainnya.

    Oleh karena itu, saat belajar menyetir mobil harus tetap tenang dan jangan panik. Ketika menginjak rem atau memindahkan transmisi, pastikan anda melakukannya dengan menggunakan perasaan dan berhati-hati.

    Ketika mengemudi, anda juga harus memperhatikan keamanan saat berkendara. Berikut tips aman berkendara mobil di jalan raya.

    1. Memahami Pergerakan Kendaraan
      Sebagai pengemudi, anda harus benar-benar paham dengan pergerakan kendaraan yang anda bawa. Contohnya seperti saat anda ingin berbelok, maka roda kemudi tentu harus diputar.
    2. Menjaga Jarak Aman
      Ketika berkendara, anda harus menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari tabrakan.
    3. Berhati-hati dengan Blind Spot.
      Blind spot merupakan suatu titik saat kendaraan yang dikendarai dan kendaraan lain sulit dipantau dengan jangkauan mata atau kaca di spion.
    4. Peka dengan Kondisi Sekitar.
      Seorang pengemudi harus selalu peka dan waspada dengan kondisi sekita. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kemungkinan seperti adanya jalan berlubang atau yang lainnya.
    5. Menghindari Kegiatan yang Mengganggu Konsentrasi
      Saat mengemudi, pastikan anda menghindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi. Seperti bermain handphone, dan lainnya.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Belajar Mobil Matic Pemula
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar