Enggak Cuma Kencang, Burung Ini Juga Punya Ludah Ajaib

Daftar Isi

    Foto: Burung Walet. (http://www.birdoo.co.uk)

    Lancang Kuning – Banyak hal menarik dan jarang diketahui manusia tentang hewan, misalnya warna kuning telur ayam bisa berubah gara-gara jenis pakan yang dimakan.

    Ada juga soal burung, yang ludahnya bernilai sangat tinggi. Hewan yang dimaksud adalah swifts, atau di Indonesia dikenal dengan nama walet.

    Jenis hewan ini membuat sarang dengan menggunakan saliva atau air liur mereka, yang nantinya akan mengeras. Dipercaya, bahwa sarang tersebut mengandung zat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

    Dikutip dari Hindustantimes, Sabtu 13 Maret 2021, walet digolongkan sebagai keluarga dari burung kolibri. Hewan ini memiliki sayap lebar dan kaki pendek.

    Walet termasuk burung yang bisa terbang dengan kencang. Kecepatannya lebih dari 120 kilometer per jam, dan dapat menempuh jarak hingga 200 ribu km per tahun.

    Hewan ini hanya ditemukan di wilayah Asia Tenggara, dan Indonesia menjadi negara tempat habitat mereka paling besar.


    Kebutuhan akan sarang burung walet begitu tinggi di China, membuat pemerintah meminta petani untuk tidak ragu mengekspor komoditi tersebut. 

    Namun, mereka mengaku saat ini terkendala oleh regulasi, di mana para petani sarang burung walet harus mendapatkan izin legalitas ekspor.

    Menurut Dewan Pembina Persatuan Petani Sarang Walet Nusantara, Benny Hutapea, apabila ada kendala dalam proses mendapatkan izin tersebut, maka petani harus mengulang dari awal.

    “Hal ini yang menjadi kendala dan memberatkan para pelaku usaha UMKM sarang burung walet saat ini, sehingga mereka banyak yang putus asa,” ujarnya, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Beberapa poin yang dianggap harus diatasi agar ekspor sarang burung walet bisa meningkat, yakni penyederhanaan sistem perizinan serta ada kepastian soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses izin tersebut. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Enggak Cuma Kencang, Burung Ini Juga Punya Ludah Ajaib
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar