Karakteristik Sistem Informasi Keuangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem informasi keuangan merupakan sistem informasi yang akan memberikan semua informasi kepada seluruh orang atau kelompok baik itu yang berada di dalam perusahaan maupun yang diluar perusahaan yang masih memiliki kaitan erat mengenai permasalahan keuangan dan juga yang menyediakan informasi tentang arus bagi para pemakai yang ada pada semua perusahaan dan sistem informasi keuangan ini juga berkaitan erat dengan sistem informasi manajemen. Dan sistem informasi keuangan ini juga dapat digunakan untuk dapat memecahkan masalah -masalah keuangan dalam perusahaan tersebut.

    Beberapa karakteristik sistem informasi keuangan sebagai berikut:

    1. Relevan

    Sistem keuangan ini bisa dikatakan relevan jika seluruh informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang dapat memengaruhi keputusan ekonomi seorang pengguna. Yaitu dalam membantu mereka dalam mengevaluasi kejadian di masa lalu dan masa sekarang dan serta bisa mengoreksi atas hasil evaluasi di masa yang lalu.

    1. Dapat Dipahami

    Sistem keuangan ini memiliki karakteristik yang bisa dipahami dan sangat mudah untuk dimengerti bagi setiap para penggunanya. Dan pengguna akan di asumsikan untuk dapat memiliki pengetahuan yang memadai mengenai tentang sebuah aktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemauan untuk mempelajari informasi tersebut dengan ketekunan yang sangat wajar.

    1. Dapat Dibandingkan

    Sistem informasi yang terkandung di dalam sebuah laporan keuangan akan lebih berguna apabila dapat dibandingkan dengan laporan keuangan yang di periode sebelumnya. Dan karakteristik ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi kecenderungan posisi dan tenaga kinerja keuangan serta untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja dan tentunya perubahan keuangan yang secara relatif atau membandingkan laporan keuangan dengan periode yang sudah lampau.

    1. Andal

    Laporan keuangan dapat dikatakan lebih andal apabila sebuah laporan keuangan bebas dan tidak terkait dengan pengertian yang akan menyesatkan dalam kesalahan material, dan menyajikan semua fakta yang ada secara jelas dan jujur serta informasi yang disajikan sudah terverifikasi .

    1. Tepat Waktu

    Sistem informasi yang disajikan harus tepat waktu agar pengambilan sebuah keputusan perusahaan juga dapat dilaksanakan pada waktu yang sudah direncanakan terlebih dahulu supaya nantinya tidak ada kendala saat pengambilan keputusan.

    1. Lengkap

    Informasi ini tidak boleh disajikan setengah-setengah, dan informasi ini harus disajikan dengan lengkap dan dapat mencakup semua kebutuhan bagi para pemakai informasi tersebut dan supaya tidak dapat menimbulkan berbagai pertanyaan bagi pemakai atau penggunanya.

    Tujuan sistem informasi keuangan

    • Memenuhi Prinsip Cepat
      Sebuah sistem informasi keuangan yang disusun harus dapat memenuhi prinsip yang tentunya sangat cepat dan harus mampu menyediakan data yang diperlukan tepat pada waktunya .
    • Memiliki Prinsip Aman
      Sistem keuangan harus disusun sesuai dengan prinsipnya yang murah, bahwa biaya untuk menyelenggarakan sistem informasi keuangan harus dapat ditekankan sehingga relative tidak mahal.

    Fungsi sistem informasi keuangan

    • Untuk dapat menentukan hasil dari pada pelaksanaan operasi dari sebuah perusahaan tersebut.
    • Untuk dapat mengikuti alur jalannya harta dan hutang perusahaan. Dan terdapat macam-macam buku dan rekening seperti kas, dan rekening-rekening milik dari perusahaan tersebut.
    • Untuk dapat mempermudah perencanaan pada kegiatan-kegiatan perusahaan dan tindakan lanjut dari pada pelaksanaan dan dengan perbaikan dari rencananya.

    Sistem informasi keuangan memiliki tiga tugas pokok:

    1. Dapat mengidentifikasi kebutuhan uang yang akan datang
    2. Membantu memperoleh perolehan dana tersebut
    3. Dapat mengontrol penggunaannya.

    Adapun informasi yang diberikan pada sistem keuangan dan disajikan dalam bentuk seperti:

    1. Dalam bentuk laporan khusus
    2. Bentuk laporan yang periodic
    3. Hasil dari simulasi matematika
    4. Saran dari sistem pakar dan
    5. Memiliki komunikasi yang sangat elektronik.

    Sehingga dengan adanya sistem informasi keuangan ini maka akan dapat mempermudah dan memenuhi kebutuhan manajer ataupun berbagai elemen di sebuah lingkungan perusahaan atas informasi yang akan menjelaskan status keuangan dari perusahaan tersebut.
     
    Demikianlah artikel saya pembahasan tentang karakteristik sistem informasi keuangan semoga dapat membantu dan bermanfaat.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik Sistem Informasi Keuangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar