Manfaat Sistem Informasi Keuangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem informasi keuangan merupakan sistem informasi yang berbasis komputer untuk mengolah data - data keuangan yang berhubungan langsung dengan data transaksi yang isi dalamnya merupakan siklus akuntansi dan menyajikan dalam bentuk laporan keuangan terhadap pihak manajemen perusahaan.

    Sistem itu sendiri merupakan rangkaian elemen yang saling terhubung dengan satu dengan yang lain yang memiliki saling keterkaitan, ketergantungan, integrasi dan tujuan yang memiliki beberapa sub sistem di dalamnya.

    Tujuan dari sistem informasi itu sendiri adalah untuk menginput, memproses dan melaporkan berbagai informasi yang berhubungan dengan transaksi keuangan dari kegiatan bisnis perusahaan.

    Tujuan utama dari sistem informasi keuangan;

    1. Mengumpulkan dan memproses lalu menyimpan kedalam data tentang berbagai aktivitas dan transaksi penggunaan.
    2. Data yang selesai akan diproses menggunakan dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan perencanaan dan pengendalian bisnis keuangan.
    3. Melakukan kontrol secara tepat dan benar terhadap pemilik perusahaan.
    4. Efisiensi biaya dan waktu terhadap kinerja keuangan.
    5. Penyajian data keuangan yang sudah teratur dan lebih akurat dalam masa akuntansi yang tepat.

    Tujuan di atas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan sistem informasi keuangan sebenarnya sangat terbantu perusahaan dalam mengelola proses transaksi keuangan dengan lebih baik, mudah dan cepat. Selain penggunaan menghemat waktu dan biaya, sistem informasi ini juga memberikan dampak yang lebih berguna terhadap kinerja dari bisnis untuk selanjutnya dengan sebuah pengambilan keputusan yang lebih cepat dan pasti.

    Manfaat penggunaan dari sistem informasi keuangan;:

    1. Meningkatkan tingkat efisiensi dari kinerja bisnis, baik itu pada bagian keuangan dan bagian-bagian lainnya.
    2. Menyajikan berbagai informasi yang lebih akurat dan tepat waktu, sehingga perusahaan dapat melakukan berbagai aktivitas utama pada value chain secara lebih efektif dan efisien.
    3. Meningkatkan kualitas dan untuk mengurangi biaya produksi produk maupun terhadap jasa yang dihasilkannya.
    4. Meningkatkan kecepatan dalam pengambilan keputusan.
    5. Meningkatkan sharing knowledge (berbagi pengetahuan).

    Beberapa manfaat di atas maka dapat kita ketahui sistem informasi keuangan memang berperan sangat penting bagi perusahaan yang besar maupun kecil. Dengan adanya sistem informasi keuangan yang lebih baik, maka perusahaan dapat melakukan berbagai macam proses operasional maupun informasi dengan lebih efektif dan efisien dikarenakan adanya pengendalian yang akan mampu mengendalikan berbagai proses-proses tersebut, sehingga dapat menghasilkan tujuan yang lebih sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaannya tersebut.

    Informasi akuntansi yang telah dihasilkan dari sistem tersebut juga dapat pertanggung jawab untuk nanti digunakan dalam pengambilan keputusan tentang keuangan perusahaan dan digunakan oleh pihak-pihak luar perusahaan untuk berhubungan dengan berbagai kegiatan bisnis. Sehingga ketika perusahaan sudah mampu menjalankan sistem informasi keuangan dengan lebih baik, maka manfaat dan tujuan di atas akan mulai dapat dirasakan secara langsung dampak positifnya bagi perusahaan.

    Sebaliknya jika perusahaan tidak dapat melakukan sistem informasi akuntansinya dengan baik, maka akan menghambat proses bisnis dan semakin mengakibatkan terjadinya kegiatan bisnis tersebut tidak mampu berjalan dengan lancar. Informasi keuangan yang telah diberikan juga tidak begitu akurat, dan tujuan dari kegiatan bisnis perusahaanpun akan sulit untuk bisa tercapai. Untuk itulah, maka sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis sangat perlu untuk merancang dan menjalankannya dengan lebih baik terkait dengan sistem informasi keuangan termasuk juga sistem di dalamnya dengan lebih memperhatikan beberapa komponen utama pada sistem informasi keuangan tersebut.

    Sistem informasi keuangan memiliki tiga macam sistem yang masing-masingnya juga memiliki peran masing-masing, seperti sistem pemrosesan transaksi, sistem buku besar maupun terhadap pelaporan keuangan, dan sistem penutupan dan pembalikan. Yang mana sistem tersebut juga dapat memproses berbagai jenis transaksi keuangan dan transaksi non keuangan yang secara langsung akan memberikan pengaruh yang begitu besar kepada memproses transaksi keuangan.

    Demikianlah artikel ini dibuat agar dapat mengetahui secara luas sistem informasi keuangan, semoga bermanfaat.(Winxy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Sistem Informasi Keuangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar