Mobil Matic VS Manual

Daftar Isi

    LancangKuning Mobil Matic vs manual merupakan dua jenis mobil yang berbeda dari sisi transmisi yang digunakannya. Namun, perdebatan ini bukanlah menjadi perdebatan untuk para penggemar otomotif. Dari keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

    Semua tergantung pada pemakaian kita, seler, dan anggaran yang kita miliki. Lalu untuk kebutuhan kia mana yang lebih baik kita miliki apakah mobil matic atau mobil manual.

    1. Mobil matic VS manual menurut dari performanya

    Perbedaan antara kedua mobil tersebut adalah dari transmisinya yaitu, mobil manual, menggunakan transmisi manual sedangkan mobil matic menggunakan transmisi matic. Transmisi otomatis juga dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu, semi otomatis atau berpindahnya gigi yang dilakukan oleh pengemudi, tetapi tidak menggunakan kopling dan otomatis keseluruhannya atau berpindahnya gigi terjadi secara otomatis tanpa tanpa dilakukan oleh pengemudi.

    Sementara itu, mobil manual menggunakan transmisi yag manual, yaitu kita harus menggunakan kopling pada saat kita mengoper atau mengganti gigi pada transmisi manual. Namun perbedaan antara mobil matic dan manual dilihat dari performanya.

    Akselerasi dari mobil manual lebih halus dan mulus dari pada mobil matic. Karena, mobil manual mengharuskan pada pengemudi mengatur sendiri kecepatan dan menyesuaikan dengan gigi atau persenelinya dari kendaran tersebut. Mobil manual juga memiliki lebih banyak lagi gigi percepatan yang digunakan yaitu sebanyak 7 gigi yaitu satu sampai lima untuk gigi maju, R untuk maju, dan N yaitu netral. Sehingga kita bisa menggunakan sesuai yang kita butuhkan.

    1. Segi Kenyamanan

    Perbedaan mobil matic vs manual diatas juga bersangkutan dengan perbedaan mobil matic dan manual yaitu dari segi kenyamanan .jika kita membicarakan kenyamanan tak bisa di lawan mobil matic adalah pemenangnya. Karena dari segi kenyamanan mobil matik lebih nyaman dan tidak perlu mengganti – ganti gigi di semua kecepatan saat kita mengemudi mobil dan lebih hemat energi dan kita bisa menggunakan 1 kali untuk menginjak pedal gas dan sesekali menginjak pedal rem.

    1. Mobil Matic vs Manual dari segi fungsinya

    Dari segi ini fungsinya mobil matic lebih gampang untuk dikendarai dan untuk pemula atau yang baru belajar mengendarai mobil. Karena kenyamanannya bisa mengurangi kelelahan, mobil matic ini juga termasuk pilihan yang tepat untuk digunakan berkendara di dalam kota yang besa atau antarkota yang lalu lintasnya sering mengalami kemacetan atau kepadatan di jalan.

    Namun Jika kamu ingin membutuhkan kecepatan atau dapat melewati medan yang cukup berat, mobil manual adalah pilihan yang terbaik. Begitu juga sebaliknya jika kamu pengemudi yang santai yang tidak dikejar dengan waktu seperti liburan atau jalan – jalan di dalam kota mobil matic pilihannya. Tergantung dari kebutuhan kita dan medan yang dilewati serta pilihan anda sebagai pengemudi yang santai atau mengejar waktu

    1. Segi Komsumsi bahan bakar

    Jika kita berbicara tentang bahan bakar matic vs manual mana yang lebih irit ataupun lebih boros konsumsi bahan  bakarnya fakta yang sebenarnya mobil manual bisa lebih irit ketimbang mobil matic karena yang pertama adalah perputaran transmisi dari mobil manual tidak seberat dari perputaran transmisi yang otomatis sehingga mobil manual tidak memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk bekerja ekstra dan juga jumlah gigi yang ada pada mobil manual juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien dan lebih irit bahan bakar.    

    1. Segi Perawatan

    Dari segi perawatan sudah pasti mobil matic yang rumit atau butuh pengeluaran lebih  untuk mobil tersebut.  Sistem transmisi pada mobil matic dan komponen yang lebih rumit. Agar perpindahan dari gigi bisa saja terjadi secara otomatis, mobil matic harus dilengkapi dengan pompa, komponen elektrikal, serta mekanisme pendingin.

    Onderdil yang digunakan pada mobil matic juga lebih banyak memakan biaya yang dikeluarkan dibandingkan mobil manual.

    Demikianlah artikel yang saya buat semoga bermanfaat dan juga bisa memilih mobil yang mana yang lebih baik digunakan untuk kebutuhan kita.(Haikal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mobil Matic VS Manual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar