Proses Supply Chain Management

Daftar Isi

    LancangKuning -  Supply chain management merupakan proses yang mencakup koordinasi penjadwalan dan juga pengendalian terhadap pengadaan produksi persediaan dan juga pengiriman produk.

    SCM merupakan suatu singkatan dari Supply Chain Management dalam menjalankan suatu kegiatan yang akan meliputi koordinasi penjadwalan dan pengendalian terhadap suatu pengadaan produksi persediaan dan pengiriman produk atau pun layanan jasa kepada pelanggan yang mencakup dalam administrasi harian, operasi, logistic dan pengolahan.

    Tujuan dari supply chain management merupakan salah satu keseimbangan antara permintaan dan juga penawaran agar lebih efektif dan juga efisien dalam sejumlah masalah utama dalam rantai pasokan ini berhubungan dengan penentuan dalam tingkat yang tepat dengan manajemen pengadaan barang manajemen pemasok pengelolaan suatu hubungan.

    Pentingnya konsep supply chain management dalam proses bahan baku dan komponen agar menjadi produk dengan mengirimkan sehingga dapat konsumen akhir dan meyakinkan bahwa pengiriman produk atau jasa dapat memuaskan aspirasi konsumen.

    Jika dalam definisi dapat secara lengkap maka supply chain management atau manajemen dengan rantai pasukan merupakan suatu kegiatan yang akan meliputi suatu koordinasi penjadwalan dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa dalam pelanggan yang mencakup administrasi harian.

    Strategi supply chain management dilakukan dalam perusahaan ialah

    • Supply chain management untuk optimasi distribusi
    • Mengetahui tantangan internal supply chain management perusahan
    • Bernegosiasi dengan banyak pemasok
    • Mengembangkan hubungan kemitraan
    • Melakukan integrasi vertical
    • Membangun virtual company

    Supply chain juga dapat untuk bertanggung jawab dalam mengarahkan atau mengkoordinasikan jasa atau kegiatan produksi pembelian pergudangan distribusi dan perkiraan keuangan untuk membatasi biaya dalam meningkatkan akurasi layanan pelanggan dan keselamatan.

    Kegiatan-kegiatan supply chain ialah

    • Kegiatan  dalam merancang produk baru product development
    • Kegiatan mendapatkan  dalam produk baru procurement purchasing atau supply
    • Kegiatan merencanakan produksi dan persediaan planning dan control kegiatan melakukan produksi
    • Kegiatan melakukan pengiriman distribution

    Manfaat penerapan supply chain management bagi sebuah perusahaan ialah

    • Memuaskan pelanggan
    • Meningkatkan pendapat
    • Menurunkan biaya
    • Pemanfaatan asset perusahaan dengan maksimal
    • Meningkatkan keuntungan
    • Menjadi mediasi pasar
    • Perusahaan menjadi semakin besar

    Supply chain merupakan jaringan fisika dalam perusahaan-perusahaan yang terlibat dengan memasukan bahan baku memproduksi barang maupun mengirimkannya ke pemakai akhir sedangkan supply chain management merupakan metode alat atau pendekatan pengelolaannya.

    Supply chain management atau scm merupakan sistem untuk pendekatan lokal dengan mengantarkan produk ke konsumen yang di akhir dengan bantuan teknologi informasi dan juga mengoordinasikan semua elemen atau komponen supply chain dari pemasok sampai dengan retailer.

    Komponen dari supply chain management menurut komponen utama yaitu

    1. Upstream supply chain
    2. Internal supply chain
    3. Downstream supply chain
    4. Strategi memainkan antara pemasukan yang satu dengan pemasukan yang lainnya dan juga membebankan pemasok untuk memenuhi permintaan pembeli.

    Upstream atau hulu dalam supply chain meliputi segala aktivitas dimana perusahaan mendapatkan supplier dari pihak luar untuk mendapatkan bahan baku yang nantinya akan digunakan sebagai bahan produksi aktivitas utama yang berlangsung pada komponen dalam upstream supply chain ini merupakan pengadaan bahan.

    Supply merupakan suatu jumlah keseluruhan dalam barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga.

    Dalam konteks Supply Chain ada persediaan yang diperlukan untuk mengantisipasi pola dalam permintaan yang tidak pasti dalam fluktuatif perubahan paramateri ini menentukan pola permintaan pertimbangan biaya transportasi dan pengiriman barang sering kali menjadi alasan banyak dalam perusahaan untuk menyimpan barang dalam jumlah besar.

    Menurut definisi terdapat delapan proses bisnis dalam scm ialah manajemen hubungan pelanggan, manajemen pelayan pelanggan, manajemen permintaan, pemenuhan pesanan, manajemen aliran manufaktur, manajemen hubungan pemasok, pengembangan dan komersialisasi produk dalam returns management.

    Prinsip dasar supply chain management ialah

    • Segmentasi pelanggan berdasarkan kebutuhannya
    • Menyesuaikan jaringan logistic untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berbeda
    • Mendengarkan sinyal pasar dan menjadikan sinyal tersebut sebagai dasar dalam perencanaan kebutuhan sehingga bisa menghasilkan ramalan yang konsisten dan alokasi sumber daya yang optimal.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Proses Supply Chain Management
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar