Prinsip-Prinsip Administrasi Kepegawaian

Daftar Isi

    LancangKuning - Administrasi kepegawaian merupakan segala macam dari bentuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan sebuah masalah -masalah pemakaian tenaga kerja pegawai atau karyawan supaya dapat mencapai tujuannya dan memiliki tujuan supaya dapat menyusun dan juga dapat mengendalikan dari semua keseluruhan aktivitas untuk bisa memelihara, mengembangkan, mendapatkan, maupun menggunakan para pegawai dengan sesuai dari beban kerjanya sehingga bisa mencapai tujuan dari organisasi ataupun perusahaan yang sudah ditentukan sebelumnya.

    Berikut merupakan prinsip-prinsip administrasi kepegawaian:

    • Prinsip Kemanusiaan
      Prinsip kemanusiaan ini ialah prinsip ini hanya cukup dilaksanakan dengan baik, karena telah diberikan waktu untuk libur atau cuti, dan kemudian ada juga tunjangan untuk anak dan istri pun juga sudah cukup. Dan perangkat yang paling tinggi pun tidak bertindak sewenang -wenangnya tetapi pulang harus sesuai dengan jadwal pulang yang sudah ditentukan sebelumnya.
    • Prinsip Demokrasi
      Prinsip demokrasi ini kadang belum terlaksana baik dengan sepenuhnya, dan memang bawahan memiliki sarana untuk berpendapat, dan kadang biasanya tetap saja kurang diperhatikan dengan pejabat atasan, tetapi untuk rencana saluran untuk keberatan berjalan lumayan cukup baik.
    • The Right Man on the Right Place
      Adapun prinsip ini sering kali tidak berjalan dengan baik, karena terdapat banyak sekali pegawai yang tidak bekerja tidak sesuai dengan keahliannya. Namun banyak sekali pegawai -pegawai yang dulunya kuliah mengambil jurusan A dan bekerja di bidang jurusan B, maka karena itulah posisi ini tidak sangat tepat yang menjadikan pegawai-pegawai tersebut tidak mempergunakan kehalian yang mereka miliki dan sehingga keahlian mereka tidak digunakan secara efektif. The right man on the place ini sangatlah penting agar nantinya pegawai-pegawai tersebut dapat mengerjakan pekerjaan mereka sesuai dengan keahliannya, efektif, cepat dan termotivasi untuk dapat meningkatkan kemampuannya untuk dapat menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya.
    • Equal Pay For Equal Work
      Pekerja atau pegawai dapat menilai sistem pembagian gaji itu dengan adil bila mereka dapat menerima gaji yang sama besar dengan performa atas pekerjaan yang telah mereka lakukan.
    • Prinsip Kesatuan Arah
      Prinsip dari kesatuan arah ini merupakan yang berlandaskan dari pembukaan UUD 1945 yaitu yang mempunyai satu kesatuan yang utuh, dan dengan kemudian adanya prinsip kesatuan arah itu dapat diharapkan dapat mencapai kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh dan pelaksanaannya belum tercapai karena kesejahteraan masyarakat belum merata semuanya dan masih banyak lagi yang harus dikoordinir ke jenjang yang lebih baik lagi supaya dapat mencapai kesatuan arah yang mencapai kesejahteraan.
    • Prinsip Kesatuan Tujuan
      Maksud dari prinsip ini adalah tujuan dari organisasinya harus jelas untuk dapat dimuat dalam visi dan misi dari perusahaan tersebut, karena itu dapat menjadi acuan gerak dan program kerja. Kesatuan ini adalah kata kunci dari pokok keberhasilan suatu perusahaan dan tujuan dari prinsip ini dapat berjalan degan baik karena jelas visi misinya suatu perusahaan umumnya jelas sehingga tidak membingungkan para pegawainya sehingga perusahaan dan pegawainya memiliki tujuan yang sama.
    • Prinsip Komando
      Prinsip komando berarti adanya pimpinan yang mengarahkan ke arah yang lebih baik untuk ke depannya. Pelaksanaan dari prinsip komando ini dapat berjalan dengan baik karena adanya pimpinan yang harus tunggal dan tidak boleh lebih.
    • Prinsip Efisien dan Produktivitas Kerja
      Prinsip ini harus dapat berjalan karena prinsip ini ada hubungannya dengan prinsip the right man on the right place. Dan efisien tidak bisa tercapai apabila pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukan oleh sedikit pegawai suatu perusahaan tapi pekerjaan itu dilakukan oleh lebih dari yang seharusnya dan dengan dilakukan oleh banyak orang tentunya tidak akan dapat mencapai produktivitas secara maksimal.
    • Prinsip Disiplin
      Pelaksanaan prinsip ini sudah bisa berjalan dengan baik, namun masih banyak pegawai yang belum disiplin waktu dan masih banyak yang terlambat datang masuk kantor.
    • Prinsip Wewenang dan Tanggung Jawab
      Wewenang dan tanggung jawab setiap pegawai harus jelas agar dapat menjadi rujukan dalam pelaksanaan tugasnya di perusahaan dimana pegawai itu bekerja dengan baik.

    Demikianlah artikel saya tentang pembahasan prinsip-prinsip administrasi kepegawaian semoga dapat membantu dan bermanfaat.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip-Prinsip Administrasi Kepegawaian
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    37%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    12%

    Komentar