Hubungan Sistem Informasi Dengan Organisasi

Daftar Isi

    LancangKuning -Suatu sistem informasi menyediakan prosedur untuk mencatat ketersediaan informasi, mengenai bagian dari organisasi, untuk membantu kegiatan terkait organisasi. Sistem informasi lebih dari sekedar komputer. Penggunaan sistem informasi yang efektif membutuhkan pemahaman yang menyeluruh tentang organisasi, manajemennya, dan teknologi informasi yang disiratkannya.

    Sistem informasi didefinisikan sebagai kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur dan personel terlatih yang diatur untuk memfasilitasi perencanaan, pengendalian, koordinasi, dan pengambilan keputusan. Tiga kegiatan; Input, Processing, dan Output dalam sistem informasi menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan, menganalisis masalah, mengendalikan operasi, dan meluncurkan produk baru.

    Input mengumpulkan data mentah, yang dimanifestasikan ke dalam bentuk makna oleh Prosesor dan Output mentransfer data yang diproses ke orang yang relevan. Super market check-out adalah salah satu contoh penggunaan sistem informasi yang paling umum digunakan oleh industri ritel. Ini menyimpan banyak informasi berharga. Itu menyimpan jutaan data, seperti biaya produk dan detailnya, nomor identifikasi produk, dan jumlah produk yang terjual.

    Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, perusahaan menganalisis jumlah barang yang terjual, barang yang tersisa di stok, barang yang paling banyak terjual, barang yang perlu dipesan, dan paling banyak menganalisis penjualannya.

    Sistem informasi dibagi menjadi tingkat operasional, pengetahuan, manajemen dan strategis dan menjadi lima bidang fungsional utama; produksi dan manufaktur, Keuangan, Akuntansi, penjualan & pemasaran, dan Sumber daya manusia. (Laudon dan Laudon, 2003) Sistem tingkat strategis membantu manajemen senior dalam menangani dan menangani masalah strategis untuk mendukung perencanaan jangka panjang.

    Sistem tingkat manajemen mendukung dalam pemantauan, pengendalian, pengambilan keputusan, dan kegiatan administrasi untuk manajer menengah. Pekerja pengetahuan dan data didukung oleh sistem tingkat pengetahuan. Kepentingannya dirasakan, ketika ide-ide baru (pengetahuan) akan disuntikkan ke dalam organisasi. Dan aktivitas dasar dan transaksi organisasi (seperti setoran tunai, penjualan, penerimaan, penggajian dll) dilakukan oleh manajer operasional, yang didukung oleh sistem level Operasional.

    Dari yang di sebutkan di atas, bahwa sistem informasi sangat penting untuk setiap tingkatan organisasi. Karena, setiap level dalam organisasi saling bergantung. Setiap kesalahan, keterlambatan penyampaian informasi di tingkat manapun, sudah cukup untuk kehancuran organisasi. Demikian pula dalam banyak hal, sistem informasi mendukung fungsi bisnis utama.

    Misalnya, sistem informasi penjualan dan pemasaran membantu perusahaan untuk mengeksplorasi pasar untuk produk atau jasanya, mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan serta mempromosikan dan menjual produk dan layanan tersebut. Sistem informasi manufaktur dan produksi bertanggung jawab atas perencanaan, pengembangan dan produksi barang dan jasa serta mengontrol aliran produksi.

    Demikian juga, sistem informasi keuangan dan akuntansi membantu menetapkan tujuan investasi jangka panjang dan memberikan perkiraan jangka panjang kinerja keuangan perusahaan. Ini juga membantu manajer untuk mengelola dan mengendalikan sumber daya keuangan perusahaan. Apalagi sistem informasi sumber daya manusia memegang peranan vital.

    Manajer dan Organisasi tidak dapat mengabaikan sistem informasi karena sifatnya yang kritis. Pengaruh dan pentingnya sistem informasi terlihat jelas dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan manajemen karyawan dan dalam pengelolaan produk. Salah satu peran terpenting seorang manajer adalah membuat keputusan yang efektif yang merupakan pekerjaan manajer yang sangat menantang.

    Para manajer seringkali bergantung pada sistem informasi untuk membuat keputusan karena membantu mengkomunikasikan dan mendistribusikan informasi. Saling ketergantungan antara strategi bisnis dan sistem informasi menjadi semakin rumit. Setiap perubahan dalam salah satu komponen memiliki efek keseluruhan pada organisasi. Prospek masa depan dari setiap organisasi sepenuhnya bergantung pada sistem informasi yang diandalkannya.

    Ketika aturan, prosedur dan strategi organisasi harus diubah, penting juga untuk mengubah perangkat keras, perangkat lunak, database dan telekomunikasi. Salah satu alasan di balik pentingnya sistem informasi dalam organisasi mana pun dan pengaruhnya terhadap begitu banyak orang adalah karena daya tinggi dan jatuhnya biaya teknologi komputer.

    Hubungan antara organisasi dan sistem informasi.

    Teori yang didasarkan pada pendekatan ekonomi dan perilaku telah membuat kita lebih mudah untuk mengetahui pengaruh sistem informasi terhadap organisasi. Menurut Teori Ekonomi, Teknologi informasi membantu ukuran kontrak perusahaan, karena membantu mengurangi biaya transaksi. Menurut (Williamson, 1985; Coase, 1937), menggunakan market place itu mahal karena masalah komunikasi dengan pemasok yang jauh, membeli asuransi, mendapatkan produk, dan sebagainya.

    Menurut teori biaya transaksi, perusahaan dan organisasi mencoba menurunkan biaya transaksi sebanyak yang mereka lakukan pada biaya produksi. Ini juga mengurangi biaya Manajemen. Demikian pula, menurut teori Agensi, perusahaan dipandang sebagai perhubungan kontrak di antara individu yang mementingkan diri sendiri yang paling diawasi dan dikelola. (Laudon dan Laudon, 2003, hal80).

    Sistem informasi merupakan bidang multidisiplin yang memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap sistem informasi. Untuk membuat sistem informasi berfungsi dengan baik, banyak investasi sosial, organisasi dan intelektual diperlukan. Ini dibagi menjadi dua pendekatan yang berbeda, yaitu pendekatan teknis dan pendekatan perilaku.

    Pendekatan teknis meliputi ilmu komputer, ilmu manajemen dan penelitian operasi dimana ilmu komputer murni berhubungan dengan sistem komputer seperti metode komputasi dan penyimpanan data yang efisien dan metode akses. Ilmu manajemen bertanggung jawab untuk mengembangkan model pengambilan keputusan dan praktik manajemen.

    Demikian pula, penelitian operasi menekankan teknik matematika yang membantu organisasi mengoptimalkan parameter yang dipilih seperti transportasi, biaya transaksi, dan pengendalian inventaris. Jadi, pendekatan teknis berkaitan dengan model berbasis matematis, teknologi fisik dan kemampuan sistem ini.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Sistem Informasi Dengan Organisasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar