Perbedaan Administrasi Negara dan Administrasi Publik

Daftar Isi

    LancangKuning - Jurusan ilmu Administrasi merupakan jurusan yang mempelajari tentang pengadministrasian pada suatu dokumen supaya memudahkan dalam pengarsipan.

    Jurusan ilmu administrasi tergolong 4 macam, yaitu:

    • Jurusan Ilmu Administrasi Negara
    • Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis
    • Jurusan Ilmu Administrasi Fiskal
    • Jurusan Ilmu Administrasi Perkantoran

    Dan disini akan membahas mengenai perbedaan Jurusan Ilmu Administrasi Negara dan Administrasi Publik

    Jurusan Administrasi Negara

    Di jurusan ini tidak bisa lepas dari pengumpulan dan pengolahan data. Dalam jurusan administrasi Negara sekarang ini tidak hanya mempelajari teori saja, namun juga akan mempelajari tentang bagaimana cara memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisa serta mencari solusi mengenai masalah implementasi kebijakan.

    Mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan administrasi Negara, seperti Sistem dan Hukum Administrasi Negara, Demografi, Statistik Sosial, Sumber daya manusia, Manajemen, Administrasi Keuangan, Administrasi Pemerintahan Daerah dan lain-lain.

    Skill yang akan didapat di jurusan Administrasi Negara:

    Lulusan Program Studi Administrasi Negara akan memiliki kompetensi mengenai pengelolaan dan manajemen organisasi publik, seperti Manajemen Kinerja, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan, Sistem Pemerintah Daerah, Akuntansi Sektor Publik, Administrasi Keuangan, Opini dan Kebijakan Publik, e-Government, Perbendaharaan Negara, Desain Organisasi untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

    Mahasiswa di jurusan administrasi Negara akan mempelajari keterampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil keputusan strategis.

    Pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh para lulusan jurusan Administrasi Negara

    1. Aparat/pengurus pemerintah pusat atau daerah

    Dapat menetapkan kebijakan pemerintah, dan mengatur suatu jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat. Hal ini merupakan suatu contoh kerja dari lulusan administrasi Negara. Salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi Negara yang paling tepat dan menjanjikan seperti, menjadi anggota atau aparat dari suatu system pemerintah kecamatan, kelurahan, kabupaten, atau bahkan Kementrian pusat.

    1. Asisten peneliti

    Dalam menjalankan pemerintahan pasti akan mengalami berbagai kendala juga masalah yang akan dihadapi. Hal tersebut dikarenakan cakupan pemerintahan sangat luas dari satu kecamatan, kelurahan, daerah, kabupaten, provinsi, hingga Negara. Maka hal ini akan dilakukan secara besar-besaran oleh penelitian.

    1. Anggota partai politik

    Partai politik merupakan salah satu penggerak roda pemerintah. Politik tentunya akan memegang peranan besar dalam pemerintahan yang berjalan.

    1. Tenaga pendidik atau dosen

    Dengan mempelajari tentang ilmu pemerintah secara menyeluruh, maka akan menjadikan lulusan administrasi Negara sangat menguasai seluk beluknya dunia pemerintah dari segi teori ataupun praktis.

    Jurusan Administrasi Publik

    Administrasi publik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu organisasi yang dapat dikelola dengan baik, maka hal ini akan mencakup beberapa lembaga seperti legislatif, yudikatif serta eksekutif.

    Administrasi ini berbeda dengan ilmu manajemen, karena administrasi public lebih menekankan kepada adanya kajian mengenai suatu organisasi pemerintah atau publik itu sendiri. Seperti bagaimana tingkah laku birokrasinya, manajemen SDM, pelaksanaannya, dan bagaimana implementasi dari kegiatan yang telah dilakukan.

    Fungsi administrasi publik

    Beberapa fungsi yang pernah dikemukakan oleh Gerald E. Caiden, yaitu:

    • Fungsi tradisional atau fungsi utama
      Fungsi ini dapat mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan kesejahteraan umum, hubungan luar negeri, pekerjaan umum, ketertiban dalam negeri, perpajakan, dan pertahaan & keamanan.
    • Fungsi pembangun desa
      Fungsi ini merupakan salah satu fungsi administrasi publik yang bertujuan untuk membangun rasa nasionalisme kepada bangsa dan Negara.
    • Fungsi manajemen ekonomi
      Menurut Dwight Waldo, definisi administrasi public merupakan sebuah manajemen yang di dalamnya terdiri dari manusia dan juga alat-alat yang dapat digunakan untuk mewujudkan suatu tujuan.
    • Fungsi kesejahteraan sosial
      Dengan adanya campur tangan antar pemerintah terhadap kesejahteraan sosial adalah hal yang penting untuk masyarakat seperti kesehatan, jaminan sosial, perumahan, dan lain-lain.
    • Fungsi kontrol lingkungan
      Fungsi ini sering kita lihat di kehidupan sehari-hari, yaitu menjaga kelestarian alam.

    Tujuan administrasi publik

    Administrasi publik memiliki beberapa tujuan yang perlu dicapai, yaitu keamanan, kesejahteraan, dan keadilan.

    Hal penting yang perlu dilakukan sebelum mewujudkan tujuan tersebut:

    • Partisipasi sosial, yaitu adanya keterlibatan dengan masyarakat dalam kegiatan administrasi publik itu sendiri.
    • Tanggung jawab sosial, yaitu memiliki pertanggungjawaban yang dilakukan oleh administrasi  public kepada para khalayak umum
    • Dukungan sosial, yaitu memiliki dukungan ataupun support terhadap kegiatan administrasi public.
    • Kontrol sosial, yaitu adanya pengendalian dan juga pengawasan terhadap pekerjaan ataupun kegiatan administrasi publik.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Administrasi Negara dan Administrasi Publik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar