Cara Menyeimbangkan Antara Organisasi dan Kuliah

Daftar Isi

    LancangKuning - Kamu bingung dalam menentukan antara organisasi atau kuliah? Sebenarnya kamu bisa menjalankan dua-duanya dengan sukses. Mahasiswa yang berkualitas adalah mahasiswa yang bisa menjalani soft skill dan hard skill secara seimbang. Pastinya kamu ingin menjadi mahasiswa yang berkualitas kan?

    Kuliah ataupun organisasi. Dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari sisi mahasiswa. Masing-masing dari mahasiswa mempunyai hak untuk mengikuti suatu organisasi ataupun tidak. Kuliah tanpa organisasi ibarat kata seperti bagai kerupuk yang jika dimakan hanya mendapat anginnya saja.

    Mahasiswa hanya belajar teori di dalam kelas tanpa bisa mengaplikasikannya di dalam kehidupan masyarakat. Begitu pula dengan organisasi, terlalu mengutamakan organisasi sehingga melalaikan kuliah bagai pohon yang tidak berdaun. Kamu dapat bersosialisasi dengan siapa pun, tapi tidak mempunyai basic pendidikan yang terarah.

    Menjadi bagian dari lingkungan baru, tentunya membuat kamu harus beradaptasi dengan kehidupan yang baru. Begitu pula dengan kehidupan di kampus. Semua macam karakter orang terdapat dalam dunia kampus. Jati diri kamu yang sebenarnya sebagai mahasiswa akan semakin diperhitungkan.

    Pengetahuan yang terdapat di bangku kuliah sangat terbatas. Sebab, kamu wajib mengikuti organisasi agar mendapatkan ilmu yang tidak kamu dapatkan di bangku kuliah. Cara beradaptasi di sebuah lingkungan baru, akan memudahkan kamu berbaur di masyarakat. Dengan berorganisasi, kamu akan menjadi tahu apa yang tengah terjadi di tengah tengah masyarakat, dan merasakan juga apa yang mereka rasakan.

    Kampus merupakan salah satu tempat yang dapat mengembangkan diri dan berevolusi dengan lebih baik. Kamu bukan hanya sekedar tempat mencari ilmu, melainkan juga dapat mengembangkan diri, baik di bidang akademik ataupun organisasi. Di dalam dunia kerja yang semakin menuntut kita memiliki soft skill di samping hard skill.

    Hal tersebut dapat memacu kamu untuk berkembang lebih baik lagi. Menjadi mahasiswa yang mempunyai organisasi akan menjadi nilai tambahan bagi bekal masa depan kamu kelak. Di saat persaingan yang semakin tinggi, kamu harus dapat menjadikan diri kamu sebagai mahasiswa yang berkualitas. Di suatu organisasi itu lah kita bisa belajar menjadi pemimpin, bekerja sama dengan orang lain, dan belajar tentang manajemen dan lainnya. Kemampuan seperti itulah yang justru sangat diperlukan ketika kamu memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

    Agar kamu bisa menjadi sukses dalam menjadi mahasiswa yang berkualitas, yaitu mahasiswa yang dapat membagi waktu kuliah dan organisasi.

    Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk dapat membagi waktu untuk kuliah dan organisasi. yaitu:

    Renungkan kembali apa tujuan kamu sebagai mahasiswa

    Tujuan utama kamu kuliah ialah untuk menuntut ilmu setinggi tinggi nya. Jika kamu ingin ikut dalam berorganisasi, sebelum kamu ikut dalam organisasi sebaiknya kamu renungkan terlebih dahulu apakah kamu dapat membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Organisasi seharusnya bisa menjadi penunjang kamu agar kamu dapat memperoleh nilai yang lebih baik dari pada teman-teman yang lain. Bukan malah menjadi sebaliknya, karena kamu aktif di organisasi, kuliah kamu menjadi berantakan.

    Sebagai seorang mahasiswa, tentu saja tujuan utama kamu adalah kuliah. Kuliah bukan hanya sekedar belajar tentang teori di dalam kelas. Menjadi bagian dari seorang aktivis, akan lebih banyak pengalaman dan kematangan yang akan kamu peroleh. Jika kamu hanya bergulat dengan dalam dunia akademik, kuliah dan kuliah, tanpa mengembangkan jiwa kepemimpinan, maka kamu akan menjadi sulit beradaptasi jika terjun ke masyarakat yang sesungguhnya.

    Manajemen waktu yang baik

    Kamu dapat membeli jam, tetapi kamu tidak dapat membeli waktu. Sedikit saja kamu menyia-nyiakan waktu, maka kamu akan rugi. Biasakan kamu membuat perencanaan waktu. Jika kamu seorang aktivis, buatlah timeline atau semacam daftar harian kamu yang sudah dirangkum menjadi satu buku agenda harian kamu. Sebagai seorang mahasiswa, me- manage waktu antara kuliah, belajar, organisasi dan melakukan aktivitas social lainnya adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, banyak dari kita yang masih terkendala dalam membagi waktu.

    Jangan menunda pekerjaan

    Kebiasaan dari setiap orang yaitu menunda pekerjaan, jika kamu sudah mulai turun dalam suatu komunitas masyarakat, lalu kamu diberi amanah untuk mengerjakan sesuatu maka dari itu kamu tidak boleh menunda pekerjaan.

    Berikan batasan waktu

    Akan ada masanya dimana kamu menjadi sebagai mahasiswa tingkat akhir. Saat itulah kamu harus mengorbankan organisasi yang kamu ikuti. Jika kamu ingin lulus tepat waktu dan membuat orang tua dan sekitar mu bangga, pada tingkat akhir ini kamu harus focus pada skripsi yang kamu akan selesaikan. Setiap kesuksesan pasti butuh suatu pengorbanan.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menyeimbangkan Antara Organisasi dan Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar