Presiden RI Geram Mayor Kopassus TNI Berani Bantah Tawarannya

Daftar Isi

    Foto: Jenderal TNI (Purn.) Leonardus Benyamin Moerdani. (Youtube)

    Lancang Kuning – Jauh sebelum Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan dan Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto Djojohadikusumo berkiprah di dunia militer, ada seorang Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang lebih dulu mencatat prestasi mengkilap. Siapakah dia?

    Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi Perpustakaan Nasional Australia, sosok prajurit tempur dan intelijen ini lahir di Cepu, Blora, Jawa Tengah, 2 Oktober 1932. Ya, dia adalah Jenderal TNI (Purn.) Leonardus Benyamin Moerdani, atau yang biasa disebut L.B. Moerdani, atau Benny Moerdani.

    Mendiang Benny adalah seorang prajurit yang sudah ikut bertempur dalam Perang Revolusi Nasional Indonesia pada 1945. Tak hanya itu, Benny muda juga menjadi saksi berdirinya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

    Sepanjang kiprahnya di dunia militer, Benny memiliki karier yang cemerlang. Dua jabatan penting yang pernah dipegang oleh Benny adalah Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) dan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

    Menurut catat dalam buku berjudul Benny Moerdani Profile of a Soldier Statesman (Benny Moerdani Profil Prajurit Negarawan), salah satu prestasi Benny yang paling terkenal adalah saat Operasi Pembebasan Irian Barat (sekarang Papua) pada 1962. 

    Sebelum terjun ke medan pertempuran, Benny yang mahir terjun payung, lebih dulu melatih sejumlah prajurit untuk melakukan penerjunan.

    Benny yang saat itu masih berpangkat Mayor TNI, melatih pasukan  Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), yang sekarang menjadi Kopassus, dan pasukan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan Viva.co.id dengan judul berita Presiden RI Geram Mayor Kopassus TNI Berani Bantah Tawarannya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden RI Geram Mayor Kopassus TNI Berani Bantah Tawarannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar