Jenis Switch dan Spesifikasinya

Daftar Isi

    LancangKuning - Switch merupakan sebuah perangkat keras yang terpaku dengan jaringan dan berfungsi sebagai penghubung antar computer.

    Fungsi dari pada jaringan komputer

    Seperti pengertian diatas yang sudah dijelaskan bahwa dengan mudahnya switch dapat berfungsi sebagai penghubung antara jumlah perangkat yang terdapat dalam jaringan computer. Switch dapat menerima pesan yang telah dihubungkan switch dan kemudian maka akan meneruskan ataupun mengirimkan pesan tadi ke beberapa perangkat yang dimaksud.

    Dalam arti kata lain mungkin kita bisa menyebut switch menjadi konsentrator dalam sebuah sentral pada sebuah jaringan tersebut. Sangat banyak orang mengatakan bahwa switch merupakan perangkat yang pintar ataupun “Cerdas” dibandingkan hub.

    Perangkat ini yang memiliki sebuah fungsi berupa penghubung yang dapat menerima pesan serta dapat mengirimkannya ke seluruh perangkat yang terdapat dalam sebuah jaringan.

    Switch Diakui lebih cerdas karena mampu untuk melakukan pengecekan pada frame yang rusak ataupun error dan memblok frame tersebut. Switch jaringan ini berperan peran yang sangat penting, yaitu untuk area local yang telah modern seperti Ethernet atau LAN.

    Spesifikasi switch jaringan pada computer

    • Fast forward

    Jenis switch yang ini hanya dapat melakukan pengecekan alamat dan tujuan yang terletak pada header frame. Lalu frame ini akan dilanjutkan ke lokasi tujuan. Kondisi saat-saat ini yang dapat membuat latency time. Maka jenis switch ini merupakan yang paling tercepat di jenisnya.

    • Store and forward

    Switch pada jenis ini akan dapat menyimpan frame untuk rentang waktu tertentu dan kemudian akan di cek terlebih dahulu dengan system “Cylic Redudancy Check” yang kemudian akan diteruskan ke host yang menjadi tujuannya tersebut. Apabila ditemukan frame yang error, maka jadi harus dibuang.

    • Modified cut through/fragment free switch

    Switch yang ini merupakan jenis yang akan melakukan pada 64 byte pertama dari frame. Apabila ada frame yang mengalami kesalahan dikarenakan tabrakan ataupun yang biasa juga disebut dengan beradu. Jadi frame tersebut tidak akan diteruskan. Jenis yang seperti ini akan selalu menjamin frame untuk sampai pada tujuan yang tersebut. Kenapa jumlah ini dipilih dengan 64 byte? Karena jumlah tersebut jumlah minimum yang di anggap kursial serta penting supaya dapat melakukan pengecekan pada sebuah frame yang sedang baik-baik saja atau tidak.

    • Adaptive switching

    Pada jenis ini dibuat untuk system jika dioperasi pada cut trough dengan bentuk normal. Tetapi jika menemukan kesalahan yang anda rasa terlalu tinggi, oleh karena itu biasanya switch melakukan konfigurasi Kembali secara otomatis dan kemudian akan dijalankan pada mode store and forward.

    • ATM Switch

    Asynchronous transfer mode yaitu merupakan mode transfer yang disusun dalam bentuk sel-sel. Maksud dari asynchronous yakni mengulang atau disebut juga dengan pengulangan sel yang mengandung informasi dari pengguna yang tidak perlu periodik.

    • Ethernet switch

    Switch Ethernet adalah jaringan LAN interkoneksi pada perangkat yang sedang beroperasi pada lapisan-lapisan data link “lapisan 2” dari bentuk referensi OSI, pada dasar nya saklar mirip dengan jembatan, tetapi biasanya mendukung jumlah yang lebih besar dari beberapa segmen LAN yang terhubung  dan mempunyai kemampuan manajemen yang lebih sultan atupun yang disebut juga dengan kaya.  LAN lebih canggih diganti dengan media. Bersama media yang diaktifkan, dengan menginstal switch Ethernet dan jembatan ditempat hub dan repeater. Manajemen yang sangat baik mampu untuk mengontrol siapa yang menerima informasi berbentuk apa “yaitu Virtual LAN”  serta untuk membatasi dampak adanya dari masalah jaringan, dan kemampuan supaya dapat mengoperasikan beberapa link di full duplex. 

    Cara kerja switch

    Switch yaitu merupakan hardware atau perangkat keras jaringan computer yang sama dengan HUB, perbedaannya switch lebih pintar dan mahal dari pada HUB. Cara kerjamya yakni menerima paket paket data dalam suatu port lalu akan dapat melihat media acces control dan juga membangun semua koneksi logika dalam port yang sudah terhubung dengan mode ataupun perangkat yang bertujuan, oleh karena itu port yang dituju tidak dapat menerima paket data yang telah dikirimkan serta akan mengurangi terjadinya tabrakan ataupun beradu pada data tersebut yang disebut juga Collision

    Demikian pengetahuan yang diberikan tentang jenis switch dan spesifikasinya semoga bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan sekian terimakasih.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Switch dan Spesifikasinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar