Galian C Marak di Kecamatan Tambang, Mahasiswa Sambangi Dinas ESDM Provinsi Riau

Daftar Isi

    Foto: Ketua IMKT Ikhwansyah dan Kabid dinas ESDM Riau Ismon Diondo Simatupang. 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Banyak nya aspirasi dan keluhan masyarakat terhadap galian C yang di duga Ilegal di Kecamatan Tambang yang menyebabkan dampak sosial masyarakat. 

    Ikatan Mahasiswa Kecamatan Tambang (IMKT) melakukan audiensi bersama Dinas Energi dan sumber daya mineral Provinsi Riau (ESDM) dengan tema "Sudah memiliki izinkah Galian C di Kecamatan Tambang.

    Audiensi tersebut dihadiri oleh Kabid Batubara ESDM Provinsi Riau Ismon diondo simtupang beserta staff dan DLH Kabupaten Kampar Irfan dan Delfitri Adi

    Menurut Kabid Batubara Kewenangan perizinan pertambangan mineral dan batubara (Minerba) Izin Galian C yang dulunya ada di Provinsi saat ini telah beralih ke pemerintah pusat. Kebijakan ini termuat dalam Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batubara yang merupakan perubahan kedua atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba.

    Namun, ia juga tidak memungkiri bahwa hal ini tentu berdampak terhadap pengurusan perizinan minerba. Pasalnya, per tanggal 10 Juni 2020 ini di Riau tidak bisa melaksanakan perizinan kembali atau dibekukan sesuai dengan surat Dirjen ESDM, yang kemudian pada hari ini seluruh Galian C di Kabupaten Kampar adalah ilegal kecuali 1 yang berada di Kampar kiri hulu.

    Selanjutnya, untuk saat ini seluruh Perizinan Galian C telah di izinkan melalui BKPM Pusat terhitung tanggal 11 Desember 2020.

    Kemudian menurut Ketua IMKT Ikhwansyah mendesak agar seluruh pelaku usaha galian C di Kecamatan Tambang untuk dapat mengurus perizinan galian C kembali sesuai dengan perundang-undangan, Jika tidak di indahkan maka kami akan menindak lanjuti kepada pihak berwenang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. (LK)

    Penulis: kiriman rilis berita dari IMKT

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Galian C Marak di Kecamatan Tambang, Mahasiswa Sambangi Dinas ESDM Provinsi Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar