DD Singgalang Bersama Stakeholder Resmikan Masjid Al Falah

Daftar Isi


    Foto: Peresmian DD Singgalang bersama stakeholder resmikan pembangunan Masjid Al Falah di Mapat Tunggul Selatan, Kab. Pasaman pada Senin (28/12/2020). 

    Lancang Kuning -- Mapat Tunggul Selatan, Kab. Pasaman- Dompet Dhuafa Singgalang bersama stakeholder setempat meresmikan Masjid Al Falah yang bertempat di di Sungai Tour, Kec. Mapat Tunggul Selatan, Kab. Pasaman pada Senin (28/12/2020).

    Sebelumnya Dompet Dhuafa Singgalang telah melakukan penggalangan donasi sejak Oktober 2020, dengan target penggalangan dana 100 juta rupiah. "Kita sudah salurkan dalam tiga tahap, pertama donasi Rp28.230.000 pada 29/10/2020, kemudian tahap kedua total donasi Rp63.400.000 dan tahap ketiga penyaluran donasi Rp17.990.000," tutur Ratri Devy Arimbi Supervisor Program DD Singgalang dalam sesi wawancara pada Senin (21/12/2020). 

    Perjalan ke lokasi peresmian masjid dilaksanakan oleh tim sejak hari Minggu (28/12) pagi, sampai di lokasi pukul 18.00 WIB, kondisi jalan yang terjal memberikan tantangan bagi tim untuk bisa sampai ke titik lokasi. "Kedatangan kita disambut hangat oleh masyarakat di Sungai Tour, turut serta hadir stakeholder, dari niniak mamak (tokoh masyarakat), wali nagari, wal jorong, serta Kepala KUA Sungai Tuor ikut hadir," kata Ratri Devy Arimbi selakuk Supervisor Program DD Singgalang yang turut serta dalam kegiatan peresmian ini.

    Foto: Peresmian DD Singgalang bersama stakeholder resmikan pembangunan Masjid Al Falah di Mapat Tunggul Selatan, Kab. Pasaman pada Senin (28/12/2020). 

    Sekilas mengenai awal mula pendirian masjid Al Falah, di tahun 2015 masyarakat setempat berupaya menentukan tanah lokasi pembangunan masjid. Kemudian di tahun 2016 mulai dibangun tonggak pondasi masjid yang di kumpulkan dari dana swadaya masayarakat Sungai Tuor. Kemudian pembangunan ini terhenti beberapa bulan, pada tahun 2020 DD Singgalang ikhtiar melakukan penggalangan donasi untuk melanjutkan pembangunan Masjid Al Falah. 

    Penggalangan dana pembangunan masjid ini merupakan bagian dari program infaq tematik yang dilakukan DD Singgalang. Program ini di prioritaskan untuk daerah 3 T (Terjauh, Terdalam, Terpencil), kehadiran masjid ini di bangun diharapkan masyarakat setempat dengan berbagai kalangan usia bisa dengan nyaman melaksanakan sholat berjamaah serta sholat Jumat berjamaah. 
    "Sebelum ada masjid ini bapak-bapak disini sholat jumat di kampung sebelah yang kondisi jalannya tidak bagus dan terjal untuk dilalui," tutur Rara.

    "Alhamdulillah dengan ikhtiar bersama dengan para donatur Masjid Al Falah bisa berdisi kokoh dan sudah bisa difungsikan untuk kegiatan ibadah. "Saat ini masjid sudah di pakai untuk sholat Jumat dan sholat jamaah. Selanjutnya renovasi masjid Al Falah masih akan dilakukan untuk pemasangan bagian plafon, teras depan, tempat wudhu," imbuh Rara.

    Disamping itu Rara mewakili tim DD Singgalang berterimakasih kepada para donatur DD Singgalang yang telah mensupport pembangunan Masjid Al Falah ini. Alhamdulillah dalam waktu 3 bulan berhasil membangun Masjid Al Falah  dengan jumlah donasi 100 juta rupiah, kata Rara.

    Hendri selaku Kepala KUA Mapat Tunggul Selatan turut hadir dalam peresmian Masjid Al Falah ini. "Kita sudah saling membahu untuk pembangunan Masjid Al Falah, sebenarnya ada salah satu masjid utama di daerah Pangian, tetapi jaraknya sangat jauh dari lokasi kampung. Menimbang serta memperhatikan jamaah disini ada yang sudah lansia, tentunya memiliki kendala untuk bisa sampai ke masjid di daerah Pangian," ada yang sudah lanjut usia jauh karena tumbuh angka

    "Dengan semangat man jadda wa jada dari seluruh masyarakat di Mapat Tunggul Selatan serta di topang oleh DD Singgalang, Alhamdulillah Masjid Al Falah sudah berlanjut pembangunannannya," tutur Hendri. 

    "Hutang ameh bisa dibaleh jo ameh (baca: hutang emas bisa dibalas dengan emas), namun kalau hutang budi tentunya akan dibawa sampai mati, kita akan kenang hingga maut segala bentuk ikhtiar bersama ini," pungkas Hendri. (Nasri/ddsinggalang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel DD Singgalang Bersama Stakeholder Resmikan Masjid Al Falah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar