Makna Jaket Biru yang Dipakai 6 Menteri Baru

Daftar Isi

    Foto: Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers. (Foto dokumentasi). (Youtube Sekretariat Presiden)

    Lancang Kuning, JAKARTA - Presiden Jokowi telah mengumumkan enam orang menteri baru di Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka pada Selasa, 22 Desember 2020. Terlihat para calon menteri periode 2019-2024 ini memakai jaket warna biru.

    Lalu, apa makna jaket tersebut?

    Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjelaskan maksud jaket yang dipakai enam orang calon menteri saat diperkenalkan oleh Jokowi kepada publik. Menurut dia, jaket tersebut punya makna sangat adem.

    "Jaket itu bahannya enak, kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah," kata Bey, dilansir LKC dari Viva.co.id

    Artinya, kata dia, setiap orang yang menggunakan jaket warna biru saat diperkenalkan kepada masyarakat itu tidak masalah dalam cuaca apa pun. Dengan demikian, Bey mengatakan maksudnya menteri dalam suasana apa pun harus siap bekerja.

    "Terkait warnanya, keren saja, eye catching. Kapan harus tetap segar, cerah, ceria dan semangat," ujarnya.

    Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumumkan enam orang calon Menteri Kabinet Indonesia Maju di halaman Istana Merdeka pada Selasa, 22 Desember 2020.

    Tampaknya, ada yang berbeda dari gaya Jokowi memperkenalkan para calon pembantunya di teras belakang Istana melalui virtual. Terlihat, para calon menteri ini berpenampilan santai.

    Seperti biasa, Jokowi memakai baju kemeja putih lengan panjang dan celana hitam serta sepatu sneakers. Begitu pun Ma’ruf Amin, terlihat menyesuaikan dengan pakaian Jokowi. Hanya saja, Ma’ruf tidak pakai sepatu sneakers.

    Sementara, calon menteri yang dikenalkan Jokowi juga ikutan pakai kemeja putih dan celana hitam. Cuma, mereka dilapisi jaket warna biru. Sehingga, terlihat santai saat mereka dikenalkan kepada publik untuk membantu Pemerintahan Jokowi periode 2019-2024.

    Calon menteri yang dikenalkan Jokowi yaitu Tri Rismaharini (Risma) sebagai Menteri Sosial, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Selain itu, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan serta Trenggono Sakti Wahyu sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makna Jaket Biru yang Dipakai 6 Menteri Baru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar