Lakukan Tes Pernafasan Ternyata Dapat Menghemat Uang Dan Mengetahui Kanker Sejak Dini

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Untuk menguji gejala kanker esophageal atau lambung satu-satunya cara yang kita ketahui adalah dengan menjalani endoskopi bagian atas.

    Tes yang bisa menjadi invasif dengan biaya jutaan namun kemungkinan keberhasilan dalam menemukan tumor masih kecil.

    Menurut abcNews, Para peneliti di Inggris menginginkan alat diagnosa yang akan lebih mudah digunakan dan lebih murah untuk tes mengetahui gejala perut atau esofagus ini.

    Mereka menggunakan tes pernafasanan non-invasif untuk mengumpulkan sampel dari 500cc napas yang dihembuskan dari 335 orang.

    Dari jumlah sampel yang dikumpulkan tersebut 172 orang diantaranya berhasil mengetahui memiliki kanker tersebut setelah menghembuskan nafas cepat dalam minimum empat jam.

    Nafas yang dihembuskan dengan cepat dianalisis untuk lima senyawa organik volatil yang diidentifikasi sebelumnya (VOC), diketahui memiliki hubungan dengan kanker lambung dan esofagus (VOC terjadi dengan kanker lainnya, termasuk paru-paru, kandung kemih, dan payudara).

    Para peneliti sedang mencari bukti asam butirat, asam pentanoic, asam hexanoic, butanal dan decanal. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal JAMA Oncology.

    Tes nafas mampu secara akurat mengidentifikasi kanker esophageal atau lambung sekitar 80 persen dari waktu.

    Dr Raja Flores, ketua Departemen Bedah Toraks di Mount Sinai Health System, mengatakan kepada ABC News bahwa endoskopi kurang dimanfaatkan di AS Flores, yang tidak terlibat dalam penelitian di Inggris, mencatat bahwa tes napas bukanlah test standar saat ini.

    Jika alat diagnostik baru ini terbukti berhasil, mungkin akan banyak dokter mengubah pendekatan mereka terhadap pasien dan cara mereka dalam mengetahui dan menyaring kanker.(UT)

     

    Sumber : abcnews.go.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lakukan Tes Pernafasan Ternyata Dapat Menghemat Uang Dan Mengetahui Kanker Sejak Dini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar