Produksi Hand Sanitizer Cegah Covid-19, Dr. Arisman Adnan: Kita Proses di Laboratorium FMIPA Universitas Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kasus positif Corona di Riau kembali meningkat menjadi 1.739 kasus per 30 Agustus 2020. Dengan kenaikan kasus ini diharapkan masyarakat turut berpartisipasi untuk memutus mata rantai Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan selalu mencuci tangan dengan sabun. Tetapi kebanyakan aktivitas diluar rumah membuat susah untuk mencuci tangan dengan sabun.

    Sebagai pengganti bagi yang beraktivitas diluar rumah dapat menggunakan hand sanitizer.

    Namun pada kenyataannya, saat ini hand sanitizer agak sulit di dapatkan dan harganya tidak terjangkau. Oleh karena itu Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau yang diketuai oleh Dr. Arisman Adnan, MSc berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri yang akan di distribusikan kepada masyarakat dan tempat-tempat umum, seperti masjid, mushalla, dll.

    Arisman Adnan menjelaskan, sebelum pendistribusian, terlebih dahulu dilakukan pembuatan dan pelabelan.

    “Proses ini dilakukan di laboratorium FMIPA Universitas Riau. Proses-proses tersebut telah dilakukan sejak ditemukannya kasus positif Corona pertama kali. Pembuatan, pelabelan serta pendistribusian hand sanitizer dilakukan langsung oleh para relawan yang notabennya adalah mahasiswa Unri yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata. Proses pembuatan ini sempat terhenti karena adanya agenda UTBK, dan sekarang akan mulai diproduksi kembali,” papar Arisman di Pekanbaru, Senin (31/8/2020).

    Dalam proses produksi hand sanitizer alat dan bahan yang digunakan yaitu gelas ukur 1.000 mL, gelas ukur 50 mL, gelas ukur 25 mL, batang pengaduk, gelas beaker 2.000 mL, serta botol untuk penempatan hand sanitizer, sedangkan bahan yang digunakan dalam proses produksi, etanol 96%, hidrogen peroksida 3%, gliserol 98%, dan akuades. Pembuatan dilakukan dengan takaran yang sudah sesuai standar WHO sehingga aman digunakan sehari-hari.

    Sampai saat ini Tim Kukerta Relawan Covid-19 telah memproduksi hand sanitizer sebanyak 30 L dan akan terus bertambah yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat dan instansi yang membutuhkan.

    Selain memproduksi hand sanitizer, Jumat (28/8/2020), Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau juga melakukan pengemasan dan pelabelan. Hand sanitizer dikemas didalam botol 250 ml dan siap di distribusikan. (*)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Produksi Hand Sanitizer Cegah Covid-19, Dr. Arisman Adnan: Kita Proses di Laboratorium FMIPA Universitas Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar