Menteri Kesehatan RI Serahkan Sertifikat Eliminasi Malaria ke Kabupaten Inhil

Daftar Isi

    LancangKuning.com, Banten - Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyerahkan sertifikat Eliminasi Malaria untuk Kabupaten Indragiri Hilir. Negeri yang berjulukan Hamparan Kelapa dunia itu dinilai berhasil memberantas penyakit malaria.

    Pjs. Bupati Indragiri Hilir yang diwakili oleh Asisten 1 Drs. Darussalam menerima langsung yang diserahkan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, pada Minggu (29/4/2018).

    Sertifikat itu diserahkan Menkes kepada sejumlah kepala daerah pada saat peringatan Hari Malaria Sedunia & Pekan Imunisasi Dunia Di Gedung Shohibul Barokah,Kecamatan Kaduhejo Pedeglang-Banten

    Darussalam dalam wawancaranya,  mengaku senang dan bangga, karena prestasi yang diterima ini adalah bentuk kepedulian masyarakat Inhil dalam mengantisipasi penyakit malaria.

    "Alhamddulilah, sertifikat ini milik masyarakat yang begitu peduli dengan kesehatan lingkungan, sehingga Kabupaten Inhil bebas dari penyakit malaria," kata Asisten

    Eliminasi malaria merupakan program pemerintah pusat, dimana Indonesia bebas malaria tahun 2020 mendatang.

    Selama ini, lanjut Zainal Arifin, Kabupaten Inhil selalu rutin melakukan pendataan terhadap warga yang menderita penyakit malaria.

    "Apabila ditemukan warga yang positif terjangkit penyakit malaria, langsung kita obati sampai sembuh. Semua obat dan laboratorium sudah kita siapkan di Puskesmas yang ada di Inhil," ujarnya.

    Ternyata, upaya yang rutin dilakukan selama ini mampu mengantisipasi menyebaran penyakit malaria di Inhil.

    Harapan kita ke depannya, masyarakat bersama tenaga kesehatan tetap berkoordinasi dalam upaya pencegahan timbulnya lagi penyakit malaria, serta menjaga lingkungan tetap bersih

    "Kemudian, kita mengusulkan 2017 ke Kemenkes agar Inhil dinilai. Sekitar bulan Februari 2018 lalu, tim dari Kemenkes datang ke Inhil, hasilnya memang Inhil bebas dari malaria," jelas Zainal Arifin. (Adv)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Kesehatan RI Serahkan Sertifikat Eliminasi Malaria ke Kabupaten Inhil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar