Dinas Rahasia AS Siapkan Rencana Usir Trump dari Gedung Putih

Daftar Isi


    Foto: Presiden AS Donald Trump. (France 24)

     

    Lancang Kuning – Petahana Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, telah berulang kali mengatakan akan menolak melakukan transfer kekuasaan secara damai, jika kalah dalam pemilu tahun ini.

    Seperti diketahui nama Joe Biden kini terlihat semakin berpeluang untuk menang dan diprediksi akan memenangkan cukup suara Electoral College untuk menuju kemenangan. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah Trump bersedia meninggalkan Gedung Putih dan apa yang terjadi jika dia menolaknya.

    September lalu, Trump pernah ditanya apakah dia akan berkomitmen untuk peralihan kekuasaan secara damai setelah pemilu, jika dia kehilangan suara.

    "Kita harus melihat apa yang terjadi. Anda tahu bahwa saya telah mengeluhkan tentang surat suara dan itu adalah bencana. Singkirkan surat suara dan kami akan sangat damai. Surat suara ini di luar kendali," kata Trump beberapa waktu lalu.

    Dilansir dari Live Science, pada Kamis, 5 November 2020, menurut Amandemen ke-20, jika Trump kalah dalam pemilihan maka masa jabatannya akan berakhir pada siang hari pada 20 Januari 2021. Dia seharusnya menyerahkan secara resmi jabatan presiden kepada Biden, jika Biden resmi memenangkan pemilihan.

    Sebelumnya, Secret Service atau Dinas Rahasia Amerika Serikat diduga menyusun rencana untuk menyingkirkan Donald Trump dengan paksa jika dia kalah dalam pemilihan dan menolak meninggalkan Gedung Putih.

    Mantan Direktur Komunikasi Gedung Putih, Anthony Scaramucci, mengatakan Dinas Rahasia telah membuat rencana rahasia jika Trump memutuskan untuk memperpanjang masa tinggalnya di Oval Office jelang pelantikan presiden pada Januari 2021.

    "Dinas Rahasia dan Korps Marinir AS yang melindungi area seluas 18 acre yang dikenal sebagai Sayap Barat dan kompleks gedung eksekutif lama telah berdiskusi, siapa yang membawa keluar dari ke sana jika dia tidak ingin pergi," ungkap Scaramucci.

    "Telah diputuskan bahwa itu adalah Dinas Rahasia karena ini lebih merupakan peran perlindungan sipil daripada militer," imbuhnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dinas Rahasia AS Siapkan Rencana Usir Trump dari Gedung Putih
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar