Cegah Obesitas dengan Konsumsi Kedelai

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kelebihan berat badan atau obesitas adalah hal yang harus diwaspadai. Pasalnya orang yang obesitas beresiko lebih tinggi terkena penyakit dibandingkan dengan orang yang berat badan normal.

    Untuk itu penting sekali mencegah obesitas dengan mengkonsumsi dengan makanan yang mengandung nutrisi tepat dan bermanfaat untuk tubuh.

    Mencegah obesitas dapat dilakukan dengan mengendalikan berat badan dan tentunya mengatur pola makan. Karena obesitas terjadi akibat memakan makanan yang mengandong kalori tinggi, lemak jenuh tinggi dan banyak gula. Itu itu salah satunya makanan yang berserat dapat mencegah obesitas adalah dengan mengkonsumsi kacang kedelai.

    "Dari sekian banyak macam jenis kacang, kacang kedelai yang paling banyak dipilih karena kualitas kacang kedelai yang kaya akan protein. Maka dari itu, kedelai disebut dengan The King of Bean sehingga bagus untuk dikonsumsi," kata Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, seorang ahli kedelai dari departemen ilmu dan teknologi pangan Institut Pertanian Bogor, dalam acara Media dan Blogger Gathering dengan tema Konsumsi Kedelai Dapat Mencegah Obesitas, di The Hook Cafe and Restaurant, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (25/04/2018) dilansir dari health.detik.com.

    Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu rahasia mengapa orang Jepang sangat jarang mengalami obesitas karena mereka sering bergerak, dan mengonsumsi kacang kedelai di berbagai makanan. Seperti susu, makanan ringan, makanan tradisional hingga ekstrak kacang kedelai yang berbentuk pil ada di sana

    Banyaknya ragam komponen yang mengandung gizi dan non gizi pada kacang kedelai sehingga kacang kedelai disebut makanan sehat. Kandungan gizi pada kacang kedelai yaitu lemak tak jenuh, karbohidrat serta kandungan protein yang paling banyak yaitu 38%.

    Sedangan kandungan non gizi seperti isoflavon berfungsi memperbaiki sel, dan mencegah kerusakan sel, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah diabetes atau dikonsumsi penderita diabetes.

    Kandungan serat pangan pada kedelai mampu meningkatkan rasa kenyang di perut dalam waktu yang lama, karena serat pangat tidak mudah dicerna di usus maupun di lambung

    Sekarang, kacang kedelai sudah banyak diolah menjadi berbagai bentuk. Dari yang bentuknya tradisional seperti tahu, tempe, dan susu bahkan saat ini ada yang membuat dalam bentuk kapsul atau tablet seperti layaknya obat. Untuk kelompok vegetarian, juga dibuatkan dalam bentuk seperti daging yang terbuat dari tepung bahan kedelai.(Ulti)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cegah Obesitas dengan Konsumsi Kedelai
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar