Xi Jinping Kibarkan Bendera Perang, Alarm Bahaya AS Kembali Menyala

Daftar Isi

    Foto: Presiden China, Xi Jinping. (SCMP)

    Lancang Kuning – Respons keras China terhadap penjualan ratusan rudal berbasis peluncuran udara-ke-darat oleh Amerika Serikat (AS) ke Republik China (Taiwan). Kemarahan China ditunjukkan langsung oleh sang Presiden, Xi Jinping, dalam pidato peringatan 70 tahun Perang Korea.

    Xi mengobarkan semangat patriotisme pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), dengan mengingatkan peristiwa Perang Korea 1950-1953. Xi mengenang pertempuran yang terjadi saat pasukan militer China bertempur dengan pasukan Angkatan Bersenjata AS (US Armed Forces) dalam peristiwa itu.

    Dalam pidatonya, Xi menegaskan jika rakyat China tidak pernah membuat onar dengan mengancam kedaulatan negara lain. Akan tetapi, Xi memastikan China akan memberikan respons keras ada pihak-pihak yang mengancam kedaulatannya. 

    "Orang-orang China tidak pernah membuat masalah, kami juga tidak takut kepada mereka," ucap Xi dikutip VIVA Militer dari Defence Talk.

    "Kami tidak akan pernah duduk diam dan melihat kerusakan apa pun dalam kedaulatan nasional kami, dan kami tidak akan pernah mengizinkan kekuatan mana pun untuk menyerang atau membagi wilayah suci tanah air," katanya.

    Pernyataan keras Xi tak lepas dari kesepakatan yang dicapai antara AS dan Taiwan, terkait penjualan ratusan rudal berbasis peluncurkan udara-ke-darat. Menurut laporan Global Times yang dikutip VIVA Militer, Taiwan telah menggelontorkan dana sebesar US$1 miliar, atau setara dengan 14,7 triliun, untuk mendatangkan rudal-rudal tersebut.

    Tercatat, Taiwan membeli 135 rudal jelajah AGM-84H SLAM-ER, enam pod pegintai udara MS-110, 11 peluncur roket ringan M142. Kementerian Pertahanan Taiwan meyakini kemampuan rudal jelajah AGM-84H SLAM-ER untuk menghadapi ancaman serangan pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China, baik siang atau pun malam hari. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Xi Jinping Kibarkan Bendera Perang, Alarm Bahaya AS Kembali Menyala
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar