24 Kampus di Sumatera Bakal Ikuti Kontes Robot Indonesia 2018 yang Digelar Univeritas Riau

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM – Universitas Riau mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk menggelar Kontes Robot Indonesia 2018 (KRI 2018) pada Regional 1 bagian Sumatera.

    KRI 2018 merupakan kegiatan skala nasional yang penyelenggaraannya dilaksanakan antar Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Kontes pada Tingkat regional maupun Kontes pada Tingkat Nasional.

    Pelaksanaan Kontes Robot Indonesia Regional 1 bagian Sumatera ini akan digelar pada 26-28 April 2018 di Gedung Olah Raga (GOR) Tribuana Kota Pekanbaru. Saat pembukaan Sabtu 28 April nanti, juga dihadiri langsung Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Intan Ahmad. PhD. Dan Plt Gubernur Riau Wan Thamri Hasyim.

    Sebagai tuan rumah penyelenggara, saat ini Universitas Riau tengah mempersiapkan segala keperluan untuk pelaksanaan KRI 2018 ini.

    “Persiapan kita sudah 80 persen. Tinggal finishing saja,” ujar Seketaris Panitia Kontes Robot Indonesia Tahun 2018, Prof Zuchra Helwani, ST. MT. PhD.

    Prof Zuchra Helwani, ST. MT. PhD

    Kata Prof Zuchra, peserta Kontes Robot Indonesia 2018 ini terdiri dari 24 Universitas yang berasal dari Sumatera. Kemudian ada 52 group yang bakal ikut bertanding.

    Sebagai ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika, Prof Zuchra menjelaskan kontes ini terdiri dari lima kategori. Yang pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), kedua Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), ketiga Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan keempat Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda.

    Adapun Universitas Riau sendiri akan mengikuti 2 divisi. Yaitu divisi Kontes Robot ABU dan Kontes Robot Seni Tari.

    Guru besar dari Fakultas Teknik Universitas Riau ini juga optimis tim robot dari Prodi Teknik Elektro Unri akan menyabet piala Kontes Robot ABU.

    “Dari tahun 2013 tim robot mahasiswa Teknik Universitas Riau sudah kita bina, mudah-mudahan tahun ini Universitas Riau bisa mendapat juara,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (23/4/2018).

    Lebih lanjut diterangkan Prof Zuchra, juara pertama sampai ketiga per divisi KRI Tingkat Regional 2018 ini, nantinya akan dikirimkan ke kampus Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan November yang akan datang.

    Sedangkan  juara pertama KRAI Tingkat Nasional 2018 ini, akan menjadi wakil Indonesia pada ABU Robocon 2018 di Ninh Binh, Vietnam. Juara pertama KRPAI Tingkat Nasional 2018 akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2019 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. (LK/yopi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 24 Kampus di Sumatera Bakal Ikuti Kontes Robot Indonesia 2018 yang Digelar Univeritas Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar