Perang Afghanistan Makin Ngeri, Sejumlah Tentara Mati Dihabisi Taliban

Daftar Isi


    Foto: Helikopter militer Afghanistan hancur. (Anadolu Agency)

    Lancang Kuning – Dua unit helikopter milik Angkatan Bersenjata Afghanistan (ANA) bertabrakan dan jatuh di Sungai Helmand, distrik Nawa, provinsi Helmand, Afghanistan. Sejumlah tentara Afghanistan tewas akibat insiden yang terjadi Selasa 13 Oktober 2020.

    Menurut laporan Ariana News yang dikutip VIVA Militer, salah satu helikopter disebut sedang membawa sejumlah tentara Afghanistan yang terluka akibat pertempuran dengan milisi Taliban. Sementara itu, helikopter lainnya diyakini tengah kembali menuju markas setelah menurunkan personel Pasukan keamanan Nasional Afghanistan (ANDSF).

    Hingga berita ini diturunkan, Kementerian Pertahanna Afghanistan masih belum memberikan pernyataan terkait insiden ini. Termasuk, jumlah korban jiwa dan luka-luka.


    Seperti yang diketahui, perang kembali meletus di Afghanistan sejak Sabtu 10 Oktober 2020. Pasukan Taliban melancarkan serangan yang terkoordinasi di berbagai wilayah provinsi Helmand. Serangan pasukan Taliban ke sejumlah titik, membuat puluhan ribu warga sipil harus mengungsi.

    Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Radio Free Europe, saat pertempuran awal meletus, 20 orang tentara Afghanistan tewas dihujani serangan pasukan Taliban di provinsi Nangarhar. Padahal di sisi lain, pemerintah Afghanistan dan Taliban tengah melanjutkan negosiasi perdamaian.


    Setelah itu, perang meluas ke wilayah Helmand. Pasukan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) yang mendukung pemerintah Afghanistan, melancarkan serangan udara ke basis pasukan Taliban di wilayah tersebut.

    Serangan jet-jet tempur Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force), adalah respons atas serangan masif Taliban, yang menyasar pangkalan militer Afghanistan. Taliban dipercaya ingin mengambil alih pangkalan militer tersebut, dan mendekati Laskhar Gah, ibukota provins Helmand. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perang Afghanistan Makin Ngeri, Sejumlah Tentara Mati Dihabisi Taliban
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar