Tips Sebelum Mengirim Surat Lamaran Kerja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi kamu yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduate tentu saja sudah memikirkan ingin melanjutkan kerja selepas kuliah. Baik itu ingin berkarir dengan memulai usaha sendiri atau bekerja dengan orang lain.

    Meskipun demikian bekerja pada sebuah perusahaan masih menjadi impian semua orang apalagi sebuah perusahaan yang memang sudah diinginkan dari dulunya. Selain menginginkan gaji yang lumayan, fasilitas dan jenjang karir juga menjadi tujuan.

    Sayangnya tidak semua lamaran yang dikirim mampu memikat HRD perusahaan untuk menjadikan kita bagian dari mereka. Banyak kriteria tertentu yang menjadi point penting namun sering terlewatkan sehingga pada tahap seleksi administrasi saja sudah mengalami kegagalan.

    Untuk itu, penting dan harus tahu hal apa saja yang harus kita lakukan sebelum kita memasukan lamaran kerja. Dirangkum dari IDNTimes inilah beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan :

    1. Jangan Asal Mengirim CV Dan Lamaran

    Saat kamu ingin menginginkan bekerja kamu akan berlangganan banyak informasi seputar lowongan kerja. Baik itu media cetak maupun dunia maya. Kebanyakan dari kamu saat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan kamu akan memasukkan lamaran tersebut tanpa berfikir panjang. Seharusnya kamu harus membaca informasi setiap iklan lowongan pekerjaan tersebut dengan seksama dan hati-hati.

    Setiap perusahaan yang mengiklankan informasi lowongan pekerjaan akan mencantumkan informasi seputar job responsibility dan job qualification. Di informasi ini kamu akan melihat apa saja syarat yang harus dipenuhi, misalnya jenis kelamin, usia, minimal pendidikan, skill yang diharapkan, dll. Termasuk juga beberapa deskripsi pekerjaan yang akan kamu lakukan. Meskipun kamu sedang berusaha mencari pekerjaan jangan sesekali mengabaikan informasi ini. Kirimkanlah lamaran yang kamu benar-benar mampu di bidangnya dan kamu benar-benar memenuhi qualification.

    1. Lengkapi Semua Dokumen Pendukung Yang Diperlukan

    Kamu harus melengkapi semua dokumen pendukung untuk lamaran kamu baik itu surat lamaran, CV, portofolio project, ijazah dan dokumen lainnya. Karena pada tahap seleksi administrasi dokumen yang lengkapnya yang akan dipanggil untuk tes selanjutnya. Selain itu kamu juga harus memperhatikan metode perusahaan dalam mengirimkan lamaran.

    Jika perusahaan tersebut meminta mengirimkan via email atau mengisi form, maka lakukan. Jika memang perusahaan meminta kamu mengirimkan langsung ke kantor, maka jangan abaikan. Begitu juga dengan format pengiriman, seperti subjek email atau format alamat di amplop. Hal ini juga akan menjadi penilaian.

    1. Tunjukkan Kesan Pertama Yang Memikat Hati

    Jika sudah sampai pada tahap interview, tugas kamu adalah menata penampilan meskipun tidak suka dandan. Gunakan pakaian yang formal dan menggambarkan profesionalitas seorang pekerja. Meskipun nantinya perusahaan yang kamu akan bekerja adalah perusahaan santai dan tidak menuntut karyawan berdasi atau menggunakan blazer. Namun kesan pertama tetap dari penampilan.

    Bagi wanita jagan menggunakan make up yang berlebihan, gunakan make up minimalist namun tetap anggun. Kamu juga bisa menggunakan wewangian yang tentu saja tidak mengganggu. Jadi pastikan kamu siap untuk menjadi pekerja yang sesungguhnya.

    1. Pastikan Bekal Pengetahuan Tentang Perusahaan Itu Mencukupi

    Kebanyakan dati kamu hanya sekedar melamar saja pada perusahaan tersebut tanpa tahu seluk beluk perusahaan tersebut. Penting untuk kamu mengetahui tentang perusahaan tersebut.  Galilah sebanyak mungkin informasi perusahaan tersebut seperti produk atau jasa apa yang disediakan pada perusahaan, budaya perusahaan, alasan kamu tertarik dengan perusahaan, jumlah karyawan dan visi misi perusahaan tersebut. Karena saat interview beberapa HRD akan menguji tentang pengetahuan kamu seputar perusahaan tersebut.

    1. Belajarlah Melatih Bahasa Tubuh Dengan Cermin

    Gestur tubuh dari kandidat karyawan yang interview juga menjadi penilaian dari beberapa HRD. Seperti cara berjalan memasuki ruangan, duduk, sampai menggunakan anggota tubuh saat berbicara. Belajarlah dari banyak sumber mengenai gestur tubuh dan pratekkan di depan cermin dan melatih kepekaan dari orang-orang yang kita temui juga bisa menjadi sumber ilmu baru. Jangan lupa kesan pertama akan menentukan penilaian selanjutnya. 

    Itulah beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum kamu memasuki lamaran pekerjaan. Semoga kamu mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang memang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.(Ulti)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Sebelum Mengirim Surat Lamaran Kerja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar