Menteri Edhy: Nelayan Paling Diuntungkan Omnibus Law

Daftar Isi

    LancangKuning -Menteri Kelautan Perikanan Edhy Prabowo mengklaim pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) akan menguntungkan nelayan. Pasalnya, aturan yang memantik kontroversi itu dapat memberikan kepastian usaha, kemudahan perizinan, dan meredakan kekhawatiran akan dikriminalisasi.

    "Sebenarnya ini yang ditunggu-tunggu pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan tentang perizinan kapal sebagai misal, walaupun sebelum Omnibus Law sudah mulai banyak perbaikan tapi dengan omnibus ini lah paling besarnya yang mengamankan pelaku usaha dari besar sampai kecil. Bahkan, yang paling diuntungkan masyarakat nelayan itu sendiri," ujar Edhy dalam konferensi pers Omnibus Law Cipta Kerja secara virtual, Rabu (7/10).

    Baca Juga : Buruh dan Mahasiswa Tolak Omnibus Law Geruduk Istana Hari Ini


    Dengan kemudahan perizinan, persoalan izin kapal yang sulit dikeluarkan bisa teratasi. Hal ini akan membantu nelayan yang menghadapi persoalan itu dalam lima tahun terakhir.

    Selain itu, sambung Edhy, Omnibus Law Ciptaker juga akan meningkatkan investasi di sektor kelautan dan perikanan. Ia memperkirakan lebih dari Rp300 triliun investasi tidak berjalan karena persoalan di tengah jalan."Omnibus Law ini yang sangat ditunggu-tunggu para nelayan. Misalnya, ilustrasi, lima tahun terakhir dapat izin kapal sulit," jelasnya.

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan Omnibus Law Cipta Kerja akan bermanfaat dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dan membawa Indonesia memasuki era baru perekonomian global.

    Baca Juga : Pengusaha Tebar Ancaman ke Buruh yang Ikut Aksi Mogok Kerja


    "RUU Cipta Kerja akan mendorong reformasi regulasi dan debirokratisasi, sehingga pelayanan Pemerintahan akan lebih efisien, mudah, dan pasti, dengan adanya penerapan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) dan penggunaan sistem elektronik," ujar Airlangga dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

    Di bidang perizinan, misalnya, pemerintah memberikan kemudahan dan kepastian proses melalui sistem perizinan terintegrasi secara daring (Online Single Submission/OSS).

     

    (ulf/sfr)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Edhy: Nelayan Paling Diuntungkan Omnibus Law
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar