Tips Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Penilaian produktivitas setiap orang dan setiap perusahaan berbeda-beda. Ada sebuah perusahaan yang menuntut bekerja selama 8 jam di kantor sudah termasuk produktif. Ada pula yang hanya bekerja 3 jam dalam sehari namun menghasilkan hal yang diharapkan juga bisa dikatakan sudah produktif. Sehingga tidak ada nilai mutlak untuk menilai produktivitas pekerjaan orang.

    Bekerja dengan efektif dan efesien adalah kewajiban sebagai karyawan. Namun tingginya tingkat tuntutan dan adanya target dalam sebuah pekerjaan dan ragam masalah diluar kantor yang terjadi membuat karyawan stress sehingga produktivitas dalam bekerjapun menurun.

    Meskipun demikian produktivitas karyawan dalam bekerja tetap dituntut. Karena dengan kerja yang produktiflah bisa menghasiilkan target yang diharapkan. Berikut ada beberapa tips yang dirangkum dari IDNTimes untu membantu kamu dalam meningkatkan produktivitas di Kantor.

    1. Melalaui jalan yang berbeda saat berangkat ke kantor

    Saat pagi hari kamu bisa memulai akitivitas kamu dengan produktif. Perjalanan kamu menuju kantor dapat mempengaruhi semangat kamu dalam menjalani hari. Cobalah memutar arah yang berbeda meskipun sedikit jauh dari yang biasanya kamu lewati yang dan mengalami kemacetan.

    Hal ini akan membantumu lebih produtkif. Beberapa jalanan baru akan membantumu menemukan ide atau bahkan menemukan sudut pandang baru tentang suatu hal. Sehingga kamu akan lebih bersemangat dalam menerapkan ide-idemu saat bekerja.

    1. Bawa sebuah pot bunga kecil untuk diletakkan di meja

    Biasanya dimeja kerja akan ada komputer atau laptop, tumpukan kertas dan tisu yang berserakan dan pastinya akan membuat kamu jenuh sesaat. Dan sulit mencari tempat hijau dalam sebuah ruangan, dan warna hijau itu sangat menyejukan hati.

    Bawalah beberapa pot kecil pohon kaktus atau bambu air untuk menghiasi meja kerja kamu. Tanaman ini akan membantumu membuat suasana baru untuk meja kerja kamu dan tentunya membantu dalam menjaga kesehatan mata yang seharian lelah melihat layar monitor.

    1. Jangan lupa siapkan air mineral

    Jangan malas untuk menyediakan air mineral karena pekerjaan kamu bisa saja banya sepanjang hari dan banyak duduk di depan laptop. Dengan air mineral akan membuat tenaga kamu kembali mulai berfikir. Dengan pasokan oksigen dan cairan yang cukup ke otak akan memudahkan dalam mengeluarkan semua ide dan pikiran kreatif untuk pekerjaan.

    1. Jangan lupa membawa cemilan

    Saat kita dalam kondisi lapar, otak akan sulit memproses informasi. Setiap kegiatan juga akan terasa berat. Untuk itu siapkan juga camilan untuk menemanimu saat bekerja. Cobalah untuk menyiapkan camilan yang sehat, buah atau oatmeal biskuit misalnya.

    Camilan ini akan membantumu terus menjaga stamina saat bekerja. Sehingga tubuhmu akan mendukung kebutuhan otak untuk terus berpikir.

    1. Lakukan peregangan beberapa menit untuk melemaskan otot yang kaku

    Lelah memang jika duduk seharian. Pinggang dan pundak akan terasa kaku. Kamu bisa mengambil beberapa menit waktumu untuk stretching. Tidak perlu jauh-jauh ke luar ruangan. Di tempat duduk atau spot kosong di sudut ruangan pun bisa kamu gunakan.

    Pastikan untuk membuat leher, lengan dan pinggang lebih lemas dari sebelumnya. Gerakan kecil bisa kamu dapatkan di internet. Stretching seolah wajib untuk membantu tubuh mengalirkan darah ke otak secara lebih lancar lagi.

    1. Makan sianglah di luar kantor sesekali

    Jenuh di dalam kantor dengan pekerjaan yang belum selesai akan membuat kamu tidak produktif. Kamu perlu menyisihkan waktu makan siang untuk keluar dan menikmati makanan yang berbeda. Meski sekarang jaman serba instan, di mana kamu bisa tetap menikmati makanan kesukaan tanpa harus keluar kantor.

    Tapi, pergi makan di luar bersama teman-teman akan membantumu lebih fresh lagi. Obrolan di luar pekerjaan, lingkungan dan suasana yang tidak sama, akan membuatmu lebih bersemangat saat kembali ke kantor.

    1. Ucapkan terima kasih dan bersyukur saat hendak pulang

    Saat waktu pulang tiba, pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya tiba. Kamu berhak untuk bebas dan tidak membawa pekerjaan ke rumah. Kamu berhak untuk menikmati waktu pulang kerja untuk hangout atau bahkan melakukan aktivitas lainnya, tanpa diganggu pekerjaan yang belum selesai.

    Jangan lupa juga mengucapkan terima kasih, karena telah bekerja keras. Untuk orang yang ada di sekitarmu, khususnya untuk dirimu sendiri.

    Itulah beberapa tips yang berhasil dirangkum dari IDNTimes untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kamu di Kantor. Semoga bermanfaat.(Ulti)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Meningkatkan Produktivitas Kamu di Kantor
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar