Langit Rusia Mau Dibobol Pesawat Intelijen Amerika, Jerman dan Swedia

Daftar Isi

    Foto: Jet tempur militer Rusia.

    Lancang Kuning Langit Rusia nyaris saja kebobolan diterobos pesawat intelijen asing. Tak tanggung-tanggung ada tiga negara langsung yang terdeteksi mengerahkan pesawat pengintai ke Rusia.

    Menurut kantor berita Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda dikutip VIVA Militer, Selasa 25 Agustus, tiga pesawat mata-mata itu masing-masing berasal dari Amerika, Swedia dan Jerman.

    Rusia mendeteksi ketiga pesawat menorobos perbatasan langit Rusia dari atas Laut Baltik. Malahan pesawat mata-mata Jerman, berusaha menerobos dengan cara terbang rendah di ketinggian 500 meter dengan kecepatan 250 kilometer perjam untuk menghindari deteksi radar Rusia.

    Amerika Serikat terdeteksi mengerahkan pesawat milik Angkatan Udara yakni pesawat pengintai strategic RC-135. Swedia mengerahkan pesawat pengintai Gulfstream. Sedangkan Jerman mengerahkan pesawat patroli maritim Orion P-3c.

    "Pada 24 Agustus, sistem kendali wilayah udara Rusia mendeteksi tiga target udara mendekati perbatasan Rusia di atas perairan netral Laut Baltik," kata Kemenhan Rusia.

    Militer Rusia tak tinggal diam dengan upaya penerobosan itu, meski ketiga pesawat masih berada di langit zona netral. Tapi Rusia langsung melakukan intervensi dengan mengerahkan jet tempur Sukhoi Su-27.

    Ketiga pesawat asing itu kabur setelah dikejar pejuang udara militer Rusia. Dan jet tempur Rusia kembali ke pangkalan dengan kondisi selamat setelah memastikan tak ada lagi upaya penerobos. 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langit Rusia Mau Dibobol Pesawat Intelijen Amerika, Jerman dan Swedia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar