Kapolres Inhil Pimpin Panen Raya Ketahanan Pangan di Desa Sialang Panjang

Daftar Isi

    Foto: Humas Polres Inhil 

    Lancang Kuning, INHIL -  Dengan lahan seluas 2 hektar ketahanan pangan Jaga Kampung Desa Sialang Panjang, Kapolres Inhil AKBP INDRA DUAMAN,S.I.K  bersama Kapolsek Tembilahan Huludan anggota , pemerintah desa serta kelompok tani Mekar Sari melakukan panen perdana kacang panjang.

    Panen perdana tersebut menghasilkan kurang lebih 120 kilo (12 pikul) untuk 2 hektar. Sedangkan harga kacang panjang di pasaran untuk 1 kilonya berkisar Rp.8.000, jadi total pendapatan bruto Rp. 960.000. Selain kacang panjang juga terdapat terong dan mentimun yang tinggal menghitung hari untuk dipanen.

    Merintis ketahanan pangan masa pandemi Covid-19, Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo, Penyuluh pertanian yang diketuai oleh bapak Firo, Bhabinkamtibmas Desa Sialang Panjang Bripka Ridho Warsika selalu giat memberikan arahan bagaimana cara menanam yang baik kepada kelompok tani Mekar Sari.

    Suksesnya panen perdana Ketahanan Pangan Jaga Kampung Desa Sialang Panjang juga tidak terlepas dari dukungan Polres Inhil, Polsek Tembilahan Hulu, Pemdes Sialang Panjang, PPL Pertanian THL-TB Perkebunan.

    Hasil panen kacang panjang tersebut akan dipasarkan ke rumah-rumah makan sekitar wilayah Tembilahan dan Tembilahan Hulu, dengan dibungkus kemasan menarik produksi oleh KWT Mekar Sari dan Pemuda Tani Dusun Benua Lingkar.

    Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman berharap kegiatan pertanian di Desa Sialang Panjang dapat terus menggelora agar masyarakat semakin kreatif dan efektif.

    "Polres Inhil terus mengarahkan kepada 20 kecamatan agar lahan yang dipergunakan sebagai ketahanan pangan ditanami tanaman yang menghasilkan, dan semusim saja, selain tanaman yang mengahasilkan juga terus genjot peternakan dan perikanan yang bermanfaat," ujar Kapolres AKBP Indra Duaman.

    Pemdes sialang panjang, HM Yusuf Kurnain didampingi Penyuluh pertanian dan Bhabinkamtibmas Sialang Panjang mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhil dan Polsek Tembilahan Hulu yang telah menjadi pelopor dalam pelaksanakan jaga Kampung Ketahanan pangan di desanya.

    "Kami bersyukur terutama ibu-ibu PKK, penanaman kacang panjang perdana hari ini hasilnya sangat memuaskan dan maksimal, kabarnya ini baru 50 persen di panen, hasilnya nanti akan kami distribusikan ke rumah-rumah makan dan rencananya bekerjasama dengan BUMdes," ungkapnya.

    Bhabinkamtibmas Sialang Panjang, Bripka Ridho Warsika menambahkan untuk kedepan sudah dimulai proyek ketahanan pangan penanaman buah semangka tepatnya didepan kantor desa Sialang Panjang.

    Setelah panen kacang panjang ketahanan pangan Desa Sialang Panjang, Kapolres Inhil juga memberikan bantuan berupa 3 Buah Sprayer..dan alat penyiram manual 4 buah kepada Kelompok Tani Mekar Sari, Kemudian dilanjutkan meninjau lahan ketahanan pangan Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kapolres Inhil Pimpin Panen Raya Ketahanan Pangan di Desa Sialang Panjang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar