2 Minggu di Desa, 3 Kali Terjadi Kebakaran dengan Lokasi yang berbeda

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Pekanbaru-Permasalahan Karlahut di Provinsi Riau membuat sebagian aktivis terpanggil untuk bisa bergabung dalam Relawan Duta Desa Bersih Jerebu. Salah satunya adalah Teguh Pambudi. Yang ditempatkan di Desa Batang Duku Kec. Bukit Batu. Kabupaten Bengkalis.

    "Dua minggu disini Teguh
    Sudah 3 kali terjadi kebakaran di lokasi berbeda" ungkap Teguh.

    Teguh menjelaskan, Di Desa yang beliau tempati sekarang rentan terjadi kebakaran lahan, karena wilayah tersebut terdapat gambut yang ketika musim kemarau menjadi sangat kering. Kondisi tersebut disinyalir terjadi semenjak kedatangan salah satu perusahaan yang beroperasi disana.

    Beliau juga menjelaskan, kondisi diatas menjadi tambah rentan karena kesadaran masyarakat masih banyak yang belum dan mau sadar akan dampak kebakaran lahan yang kerap terjadi di lahan gambut kering. Terbukti, dari kebiasaan masyarakat yang ditemukan masih membuang puntung rokok sembarangan disaat beraktifitas seperti memancing ikan, memburu binatang, mencari damar dll.

    Masih banyak masyarakat yang 
    Beliau menuturkan kepada wartawan lancangkuning.combahwa saat ini masih pengenalan dan mendekatkan  diri kepada masyarakat dan terus menjalin komunikasi kepada prngkat sesama Masyarakat Peduli Api (MPA)

    Sedangkan dari pihak Pemerintah menurut informasi dan pengamatannya Teguh dilokasi pengabdian telah berkerja dengan semestinya, menjalin kerjasama dgn pihak polisi, damkar, MPA. Selain itu juga pemerintah telah membuat sekat kanal dibeberapa tempat yang dianggap perlu.

    Teguh berharap setelah edukasi atau sosialisasi yang dilakukan, hendaknya diikuti dengan penerapan ancaman serius kepada pelaku yang diumumkan kemasyarakat desa.

    "Sehingga masyarakat akan jera, tidak hanya dari sanksi hukum yg akan dia dapat namun ada sanki sosial yg pelaku terima" tutup Teguh.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 2 Minggu di Desa, 3 Kali Terjadi Kebakaran dengan Lokasi yang berbeda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar