Layani Pasien Covid-19, Tujuh Dokter Telah Meninggal Dunia di Sumut

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM-Bertugas melayani pasien yang terinfeksi virus Corona atau Covid-19 di sejumlah rumah sakit rujukan di Sumatera Utara, telah menyebabkan tujuh dokter meninggal dunia.

    Tujuh dokter ini terdiri dari lima dokter spesialis dan dua dokter umum. "Tujuh dokter yang meninggal tersebut dua di antaranya merupakan dokter umum. Selebihnya, dokter spesialis seperti anastesi, paru, penyakit dalam, dan bedah," kata Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut, dr Rudi Rahmadsyah Sambas di Medan, Jumat (24/7/2020) seperti dikutip dari vivanews.

    Pada saat ini pun masih ada dokter baik umum maupun spesialis yang dirawat di rumah sakit karena terdampak COVID-19. Dia mengutarakan, agar hal ini perlu menjadi perhatian khususnya pemerintah untuk keselamatan garda depan dalam penanganan pasien virus corona.

    "Kami mendesak kepada pemerintah agar jam kerja dokter yang bertugas melayani pasien COVID-19 tidak diforsir," katanya.

    Menurutnya, sistem kerja dokter yang melayani pasien COVID-19 dibuat shift atau bergantian. Misalnya, dokter A pada Senin dan Selasa masuk. Lalu pada Rabu dan Kamis digantikan dokter B, sehingga dokter A bisa istirahat. Sedangkan pada Jumat dan Sabtu dokter B istirahat digantikan dokter C.

    "Jangan sampai niat menolong pasien, malah ditolong. Kalau banyak dokter yang meninggal dunia akibat COVID-19, lantas bagaimana dengan pasien COVID-19, siapa yang akan menanganinya?" ujarnya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Layani Pasien Covid-19, Tujuh Dokter Telah Meninggal Dunia di Sumut
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar