Cara Efektif Hilangkan Stress untuk Mahasiswa

Daftar Isi

    LancangKuning  - Menjadi seorang mahasiswa tentu saja kamu akan menjalani pola hidup yang berbeda dibandingkan waktu sekolah. Banyak hal baru akan kamu temui dan kamu harus bisa beradaptasi dengan semua itu. Cara belajar dan berpakaian tentu juga tidak sama dengan masa-masa sekolah, termasuk juga cara berteman.

    Jika ketika sekolah kamu disibukan dengan pelajaran yang sudah terjadwal dari sekolah, sedangkan di bangku kuliah kamu harus siap mau tidak mau akan sibuk dengan jadwal perkuliahan yang padat. Tidak hanya jadwal perkuliahan saja, tapi juga akan dibarengi dengan tumpukan tugas yang tidak ada hentinya, ditambah lagi ajakan mengikuti organisasi hingga nantinya kamu akan sampai di semester mengharuskan KKN dan mengerjakan skripsi.

    Begitu padat dan banyaknya kegiatan ketika waktu kuliah ini tentu saja membuat kita seakan tidak bisa bernafas. Memang terbukti bahwa tidak semua orang mampu mengatur waktunya, sehingga mereka sering kewalahan bahkan stress menjalani perkuliahan tersebut. Tentu situasi seperti tidak ingin kita alami dan kalaupun terdapat tanda-tanda yang dibiarkan terus menerus, karena ini akan berdampak pada kesehatan tubuh kamu dan performa kamu dalam bidang akademis.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Agar kamu merasa tidak tertekan dan stress menjalani hari-hari selama kuliah, berikut dilansir dari IDNTimes cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan stress untuk Mahasiswa :

    1. Jangan memporsir diri

    Masa perkuliahan memang banyak sekali ragam organisasi dan aktivitas yang membuat kita juga harus terjun ke dalamnya. Bisa dikatakan sebagai mahasiswa kamu juga harus memanfaatkan masa tersebut untuk bisa aktif dalam berbagai organisasi. Sebab dengan aktif berorganisasi kamu akan memiliki banyak relasi serta bisa menambah pengalaman. Hal tersebut nantinya akan berguna untuk kamu setelah lulus kuliah.

    Meskipun demikian bukan berarti kamu harus mengambil seluruh kegiatan yang ada. Kamu harus memilah dan membatasi kegiatan apa yang harus kamu ikuti, karena ditakutkan jika semuanya kamu jalani nantinya kamu akan lelah dan tidak sanggup. Meskipun mengisi waktu luang dengan kegiatan positif ini sangat baik, namun tetap harus memperhatikan kesehatan karena kesehatan itu penting. Sehingga pilihlah kegiatan yang memang benar-benar kamu mampu menjalaninya dan kalau bisa sesuai dengan fashion atau bakat kamu.

    1. Mengkonsumsi makanan bergizi

    Selain pandai memilah organisasi dan membagi waktu saat perkuliahan, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah makanan. Sebagian besar mahasiswa lebih memilih makanan cepat saji dengan alasan agar bisa mengiri uang bulanan. Mesti diketahui bahwa keseringan mengkonsumsi makanan cepat saji ternyata bisa membahayakan kesehatan mental dan tubuh. Hal tersebut disebabkan minimnya gizi yang terdapat pada makanan cepat saji sehingga energi tubuhpun menurun.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Ketika tubuh tidak fit tentu akan sangat rentan mengalami stress, dan ketika sudah stress maka kamupun akan kesulitan mengatur emosi dan performa kamu dalam bidang akademis juga bisa menurun. Untuk, sesibuk dan sepadat apapun jadwal kamu tetap usahakan memakan makanan sehat.

    1. Tidur yang cukup

    Kekurangan tidur akan membuat otak kesulitan bekerja secara efesien yang akan berdampak sulitnya kamu untuk fokus maupun berkonsentrasi untuk mempelajari atau mengingat sesuatu bahkan untuk mengambil keputusanpun akan kesulitan. Tentu saja hal tersebut akan sangat membuat kamu rugi, karena kamu harus mengikuti perkuliahan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi di dalamnya. Untuk agar kamu bisa maksimal mengikuti perkuliahan, sepadat apapun kegiatan kamu tetaplah untuk tidur yang cukup di malam hari. Tidak hanya mengurangi fokus dan konsentrasi, kekurangan tidur juga bisa rentan diserang rasa stress dan penyakit.

    1. Rutin berolahraga

    Tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi stress, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berolahraga secara teratur. Meskipun kamu sangat sibuk dengan ragam kegiatan, luangkan waktu minimal 10 menit dalam sehari untuk melakukan olahraga ringan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Selain itu, cara olahraga lainnya yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan aktivitas sehari-hari, seperti berjalan kaki dari rumah atau kos menuju kampus. Memilih menaiki tangga menuju lantai atas ketimbang naik lift, atau menyempatkan diri jalan santai di pagi hari. Dengan berolahraga secara rutin diyakini mampu membantu kamu untuk menjaga kesehatan serta melepas stress.

    1. Sesekali lakukan me-time

    Meskipun kamu menjalani perkuliahan dengan super sibuk, bukan berarti kamu hanya fokus menyibukkan diri dengan kegiatan akademik saja. Kamu juga membutuhkan yang namanya hiburan agar pikiran bisa kembali segar karena sudah dipaksa mengerjakan ragam tugas perkuliahan. Tidak ada salahnya kamu mencoba memanjakan diri meskipun di akhir pekan ketika kamu sudah merasa begitu lelah dan suntuk. Produktivitas kamu akan meningkat ketika pikiran kamu rileks tanpa beban.

    Itulah cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk hilang stress ketika menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Selain hal di atas sebenarnya kamu juga dapat menghabiskan waktu kamu berkumpul dengan orang-orang terdekat seperti orang tua, adik atau kakak. Sembari makan siang atau menikmati hal lainnya yang diringi dengan canda tawa mampu membantu kamu menghilang hal yang membuat kamu stress.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Efektif Hilangkan Stress untuk Mahasiswa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar