Perusahaan Teknologi Kota Suci Yerusalem Jadi 'Mesin' Intel Israel

Daftar Isi


    Foto: Pemandangan Kota Suci Yerusalem dengan Masjid Kubah Emas.

    Lancang Kuning – Raksasa teknologi Intel Israel mengakui jika Mobileye berperan penting dalam mendongkrak kinerja mereka. Mobileye adalah perusahaan berbasis di Kota Suci Yerusalem yang bergerak di teknologi mobil tanpa awak atau otonom yang resmi dibeli Intel seharga US$15 miliar (Rp209 triliun) pada 2017.

    Baca Juga: Cerita Pilu Tenaga Medis Perempuan Dianiaya Keluarga Pasien Covid-19

    Saat ini, Yerusalem sedang berkembang sebagai rumah bagi startup. Bahkan belakangan pemerintah Israel berani menyebutkan Yerusalem merupakan kota startup baru, yang menjadi alternatif Silicon Valley di Amerika Serikat (AS).

    Baca Juga: Ada 'Gerhana Bulan Darah' Awal Juli 2020

    "Kami akui bahwa Mobileye adalah mesin pertumbuhan untuk Intel Israel karena mereka telah mengubah dunia di mana pertumbuhan eksponensial dari data memicu permintaan akan solusi teknologi yang dapat memproses, memindahkan, dan menyimpan lebih banyak data dengan cepat," kata Manajer Umum Intel Israel, Yaniv Garty, dalam laporan keuangan tahunan, seperti dikutip dari Kr-Asia, Senin, 29 Juni 2020.

    Terintegrasi

    Untuk memperkuat bisnis teknologi otonom, lanjut Yaniv, raksasa teknologi yang berkantor pusat di AS itu startup pembuat aplikasi transportasi publik, Moovit, sebesar US$900 juta (Rp13,5 triliun) pada awal Maret 2020.

    Dengan akuisisi ini, Moovit akan tetap menjadi perusahaan independen, namun data dari 800 juta penggunanya di 102 negara akan diintegrasikan ke dalam unit Mobileye.

    Baca Juga: Perusahaan AS Tawarkan Liburan ke Luar Angkasa, Anda Berminat?

    "Setelah terintegrasi dengan Mobileye, aplikasi akan menjadi platform untuk memesan Robotaxi dan data real-time akan memastikan kendaraan dikerahkan di daerah permintaan tinggi," tutur Yaniv.

    Dari sisi sumber daya manusia (SDM), Intel Israel memiliki total 13.750 karyawan di negaranya, termasuk lebih dari 1.000 karyawan yang berasal dari Mobileye.

    Transparansi

    "Sebagai perusahaan yang sangat mementingkan transparansi, laporan tahunan menyajikan informasi lengkap tentang jerih payah Intel Israel," papar dia.

    Adapun kinerja, Intel Israel telah menggelontorkan data hingga 250 juta shekel (Rp1,03 triliun) pada tahun lalu karena melakukan diversifikasi usaha. Anggaran ini akan terus meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 700 juta shekel (hampir Rp3 triliun) pada 2030.

    Baca Juga: Tewas di Bali, Kekayaan Influencer Tajir Rusia Hampir Dikuras Pacar

    Mereka juga mencetak rekor di mana ekspor melonjak hingga US$6,6 miliar (Rp92 triliun) di 2019. Angka ini mewakili 12,5 persen dari total ekspor teknologi tinggi Israel tahun lalu.

    Sebagai informasi, Intel mulai beroperasi di Israel pada 1974 dengan investasi yang sudah digelontorkan mencapai lebih dari US$35 miliar (Rp487,6 triliun) sampai sekarang.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perusahaan Teknologi Kota Suci Yerusalem Jadi 'Mesin' Intel Israel
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar