Antara Pendamping Rakyat dan Ramalan Indonesia Bubar 2030

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Oleh Khambali Albanjari

    Jati diri bangsa Indonesia dikenal dengan sikap ramah, peduli dan semangat dalam gotong royong. Identitas keragaman budaya menjadi tangkal dari arus globalisasi dan kapitalisasi untuk terus mempertahankan nilai kearifan lokal yang terbangun dalam struktur horizontal.

    Namun tantangan terhadap identitas dan jati diri bangsa begitu gencar, yang akhirnya melunturkan nilai2 kehidupan masyarakat yang harusnya ramah menjadi sinis, peduli menjadi acuh dan semangat gotong royong menjadi individualis.

    Prilaku acuh dan tak peduli dari anak bangsa ini, dapat kita saksikan saat kita berkendara, ada yg berjalan kaki namun kita acuh tidak bertanya dan menawarkan tumpangan. Hal ini banrangkali dianggap remeh, namun memiliki efek "global" bila hal ini terus terjadi. Dilampu merah ibu kota, dahulu pernah ada kejahatan aksi kampak merah, yg memecah kaca mobil orang dan merampas secara terang2an barang dari korbannya. Namun tidak ada yang membantu dan peduli dari pengendara lain terhadap aksi tersebut.

    Barangkali hal ini menjadi kekhawatiran kita bersama dan juga tokoh bangsa seperti Pak PS.

    Akan bubarnya bangsa ini, karena disebabkan hilngnya jati diri bangsa tentang pentingnya arti kepedulian dan gotong royong. Mulai saat ini ayo peduli terhadap sesama anak bangsa, sehingga terbabgunlah rasa soliditas untuk memupuk terus rasa persatuan, sehingga NKRI ini akan terus terwujud, mulai dari yang kecil dan diri sendiri.

    Bukan bermaksud ria atau pamer, namun hanya sebatas berbagi motivasi, saat penulis melintas di jalan T. Tambusai ujung, Kota Pekanbaru Riau tepatnya di Sekolah As Shofa ingin ke tempat acara. Tiba2 menyaksikan seorang Bapak yg berjalan, dg setelan batik khas Riau, bahkan hingga terlewat Sepeda motor penulis dari posi Bapak tersebut, dan akhirnya ku putar kendaraan. (LK/yopi)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Antara Pendamping Rakyat dan Ramalan Indonesia Bubar 2030
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar