Megawati Potong Tumpeng di Meja Palu Arit, Cek Faktanya

Daftar Isi

    Foto: Tangkapan Layar Editan perayaan ulang tahun PDIP. 

    Lancang Kuning – Baru-baru ini, PDI Perjuangan (PDIP) tengah menjadi sorotan, bahkan #MakzulkanJKWBubarkanPDIP trending kemarin di Twitter. Selain itu, Ketua Umum PDIP, Megawati dituding sebagai pencetus ide Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila.

    Sementara itu, di media sosial lainnya, akun facebook Al Qadri membagikan beberapa foto dengan klaim narasi PDIP sebagai sarang Partai Komunis Indonesia (PKI). Dalam foto tersebut tampak Ketua Umum PDIP Megawati sedang memotong tumpeng di atas meja berlambang palu arit. 

    Bukan hanya itu, tampak juga Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani dan politisi PDIP Tjahjo Kumolo. Berikut narasi unggahan tersebut:

    "#2020 JANGAN PILIH KADER PDIP TERBUKTI SARANG PKI DAN KORUPTOR.INGAT SUARA ANDA MENENTUKAN NASIB BANGSA INI.JIKA INGIN REZIM INI TUMBANG JANGAN PILIH KADER DARI PARTAI PDIP"

    Nah, Dikutip dari VIVAnews, berdasarkan penelusuran, foto tersebut merupakan hasil editan yang sudah beredar sejak 2017. Adapun foto aslinya merupakan momen saat perayaan ulang tahun PDIP ke-41 di kantor DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Januari 2014.

    Pada foto asli, meja hanya dilapisi taplak merah dan tanpa bendera komunis di atas tumpeng. Foto asli diunggah media online jitunewscom pada artikel berjudul "Cerita Tumpeng dan Mesranya Megawati dengan Jokowi di Rakernas PDI Perjuangan".

    Artikel tersebut diunggah pada 11 Januari 2016. Media tersebut memakai foto tersebut sebagai foto ilustrasi. Berdasarkan penelusuran di atas, foto Megawati sedang memotong tumpeng pada meja berlogo palu arit merupakan hasil editan. (LK)

    Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/4081

    Sumber kedua: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1222578-megawati-potong-tumpeng-di-meja-palu-arit-cek-faktanya?utm_source=section=terpopuler&utm_medium=articles&utm_campaign=Terpopuler

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Megawati Potong Tumpeng di Meja Palu Arit, Cek Faktanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar