Bansos Tunai Tahap I Baru Cair ke 7,2 Juta Penerima

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Bansos

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mencatat penyaluran bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama baru mencapai 7,21 juta penerima atau 80,2 persen dari total 9 juta penerima. Realisasi ini merupakan data per 30 Mei 2020.

    "Saat ini jumlahnya sudah tersalur 80,2 persen ke seluruh Indonesia," ungkap Muhadjir dalam diskusi virtual, Minggu (31/5).

    Baca Juga: Daftar 102 Daerah Boleh Aktivitas Produktif di Masa Corona

    Muhajir mengatakan penyaluran bansos tunai tahap pertama berbeda-beda di masing-masing provinsi. Data mencatat provinsi dengan realisasi penyaluran tertinggi adalah Banten.

    Tercatat, jumlah penyaluran mencapai 415.298 penerima. Dari jumlah itu sekitar 91,4 persen sudah disalurkan dan sisanya sekitar 39.002 belum disalurkan ke penerima.

    Baca Juga: Penggerebekan Kasus Prostitusi, Wasit Ikut Diangkut Polisi

    Provinsi dengan persentase realisasi penyaluran tertinggi berikutnya adalah Gorontalo mencapai 46.389 penerima atau 89,7 persen dari target. Lalu, ada Lampung mencapai 275.524 penerima atau 89,2 persen.

    Sementara penyaluran terendah ada di Papua, yaitu baru tersalur ke 17.810 penerima atau 23,1 persen dari total penerima. Kemudian, Papua Barat baru 11.520 penerima atau 35 persen dari target.

    Selanjutnya, Maluku baru mencapai 23.635 penerima atau 41,8 persen dari total. "Provinsi ini masih merah realisasinya atau di bawah 50 persen," katanya, melansir CNN Indonesia.

    Pada kebijakan bansos tunai, pemerintah memberikan bantuan dengan nilai sebesar Rp600 ribu per keluarga. Bansos diberikan selama tiga bulan.

    Artinya, masih ada dua tahap penyaluran bansos tunai, yaitu pada Juni dan Juli. Bansos diberikan dalam rangka meringankan beban masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

    Di sisi lain, pemerintah juga tetap memberikan bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH), Paket Sembako, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, hingga Kartu Prakerja. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bansos Tunai Tahap I Baru Cair ke 7,2 Juta Penerima
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar