Antisipasi Lonjakan Kedua Covid-19, Pemko Pekanbaru Jadwalkan Rapid Test Massal

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Mengantisipasi terjadinya lonjakan kedua penularan virus Corona atau Covid-19, pasca perayaan Idul Fitri 1441 Hijiriyah, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui tim kesehatan gugus tugas akan melakukan rapid test massal atau pemeriksaan cepat bagi warga di pemukiman zona merah COVID-19. 

    Walikota Pekanbaru Firdaus mengaku kuatir usai Hari Raya Idul Fitri 1441 H, kasus positif COVID-19 di Kota Pekanbaru diprediksi bakal melonjak.

    "Perkiraan ledakan pasien positif COVID-19 bakal terjadi usai lebaran ini," kata Wali Kota.

    Mengingat perilaku masyarakat sepekan sebelum Idul Fitri yang beramai-ramai berbelanja di mal dan pusat perbelanjaan lainnya.

    "Bahkan ada yang Salat Idul Fitri 1441 Hijriah berjemaah, dan munculnya rembesan arus balik lebaran," sebutnya seperti dikutip dari Antara.

    Katanya, perilaku masyarakat yang beraktivitas di luar rumah banyak yang tidak menerapkan protokol kesehatan menjelang 1 Syawal, bahkan ada warga yang menerobos mudik, baik dari dalam maupun luar Provinsi Riau.

    "Kami melihat bagaimana perilaku warga yang mudik. Pasti mereka akan bocor (tertular COVID-19). Oleh karenanya, kita harus waspadai, tetaplah di rumah dan terapkan physical distancing," tukasnya.

    Untuk rapid test massal ini, Firdaus mengatakan supaya bisa diketahui dengan cepat dan pencegahan secara dini.

    "Agar kita bisa tahu lebih awal masyarakat yang rentan dan tertular sehingga bisa dilakukan tindakan dini pencegahan dan pengobatan," kata Rabu (26/5/2020) di Pekanbaru.

    Firdaus mengatakan rapid test massal di zona-zona merah, memang sudah dimulai beberapa waktu lalu. Namun hal ini masih akan terus dilanjutkan mengingat antisipasi lonjakan kasus gelombang kedua di Pekanbaru.

    "Dengan rapid test massal, tim kesehatan tidak menunggu lagi di rumah sakit tetapi jemput bola," katanya.(rie)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Antisipasi Lonjakan Kedua Covid-19, Pemko Pekanbaru Jadwalkan Rapid Test Massal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar