Jokowi Kecewa Uji Spesimen Covid-19 Belum Mampu 10 Ribu per Hari

Daftar Isi


    Foto: Presiden RI, Joko Widodo

    Lancang Kuning, JAKARTA – Uji cepat dan dalam jumlah banyak terkait penyebaran corona Covid-19, sejak awal diminta oleh Presiden Joko Widodo. Namun, hingga kini, menurut Kepala Negara, tes yang dilakukan masih jauh dari target yang diberikan sebelumnya.

    Baca Juga: Tentara China dan India Baku Hantam Gila-gilaan, Apa Masalahnya?

    Jokowi mengatakan, harusnya perbaikan total yang diminta untuk kapasitas pengujian spesimen PCR, sudah bisa dilakukan. Sehingga mampu dilakukan pengetesan secara massal dalam hitungan hari.

    Baca Juga: Miris, ABK WNI Diberi Makan Umpan Ikan Bau

    "Saya baru mendapatkan laporan bahwa kemampuan pengujian spesimen untuk PCR sekarang ini sudah mencapai 4 ribu sampai 5 ribu sampel per hari. Saya kira ini masih jauh dari target yang saya berikan yang lalu yaitu 10 ribu spesimen per hari," kata Presiden Jokowi, dalam pembukaan rapat kabinet terbatas, Senin 11 Mei 2020, mengutip VivaNews.

    Lanjut Jokowi, untuk kapasitas laboratorium juga sudah banyak, walau baru separuh yang sudah bisa difungsikan. Ia mengatakan, data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada 104 laboratorium yang masuk. Jokowi ingin agar semuanya dapat difungsikan dengan baik.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Meskipun dari 104 laboratorium tadi, 53 laboratorium rujukan sudah melakukan pemeriksaan dan 51 laboratorium rujukan belum melakukan pemeriksaan," katanya.

    Beberapa alat yang menurutnya kurang, juga perlu diperhatikan pemenuhannya. Seperti reagen PCR, RNA dan VTM. Jokowi menargetkan, persoalan ini harus sudah bisa dituntaskan pekan ini.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Saya lihat terutama kesiapan SDM yang terlatih ini perlu lebih diperhatikan lagi," lanjutnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jokowi Kecewa Uji Spesimen Covid-19 Belum Mampu 10 Ribu per Hari
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar