Bill Gates Ungkap Fakta Sebenarnya Soal Vaksin Corona

Daftar Isi


    Foto: Bill Gates. (AP Photo/Jose Luis Magana, File)

    Lancang Kuning -- Salah satu orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft, Bill Gates mengatakan satu-satunya cara dunia terbebas dari penyebaran virus corona, yang menyebabkan penyakit COVID-19, adalah dengan menciptakan vaksin.

    Pendiri Microsoft Corporation ini mengatakan setidaknya dibutuhkan paling tidak 95% vaksin yang efektif untuk menghentikan pandemi yang muncul sejak Desember 2019 ini.

    Baca Juga: Prancis Perpanjang Status Kesehatan Corona Sampai Juli 2020

    "Calon vaksin yang ada saat ini menuju ke sana. Mereka bisa menyelamatkan banyak nyawa, tetapi mereka tidak cukup untuk membuat kita kembali hidup normal," ujar pemilik nama lengkap William Henry Gates III, seperti dikutip dari blog resminya pada Jumat (1/5/2020), dikutip CNN Indonesia.

    Lebih lanjut, pria berusia 64 tahun ini memperkirakan setidaknya akan dibutuhkan 7 hingga 14 miliar vaksin untuk semua masyarakat di muka bumi ini. Ia juga memprediksi vaksin corona akan ditemukan 18 bulan lagi. Namun ada kemungkinan bisa ditemukan dalam 9 bulan. Masalahnya bagaimana memproduksi vaksin agar tersebut bagi semua orang.

    Baca Juga: [Memori Krisis Moneter 1997/1998] Akankah Terulang oleh Jokowi ? Ataukah Berujung Reformasi Jilid II ?

    "Hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah membangun pabrik vaksin berbeda untuk persiapan. Tiap vaksin membutuhkan pabrik berbeda. Kita harus siap dengan fasilitas yang bisa membuat tiap tipe, sehingga kita bisa memulai pembuatan vaksin final segera saat kita bisa," paparnya.

    "Ini membutuhkan dana miliaran dolar. Pemerintah harus dengan cepat menemukan mekanisme untuk membuat pendanaannya tersedia."

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Setelah ditemukan, Bill Gates sepakat tahap pertama vaksin diberikan kepada tenaga medis, kemudian vaksin disebar ke negara berpendapatan rendah, sebab masyarakat di sana berisiko tinggi jika terjangkit COVID-19.

    Sebelumnya, Gates sempat mengungkap lima cara yang perlu dilakukan semua negara di dunia untuk menghentikan pandemi virus corona Covid-19 sehingga roda ekonomi kembali bergerak.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Lima cara tersebut ialah; pengobatan, vaksin, testing, pelacakan kontak, serta pembukaan ekonomi secara bertahap.

    Menurutnya, dunia harus memajukan soal perawatan, testing dan pelacakan kontak. Negara di dunia harus mempertimbangkan hal ini sebelum membuka kembali ekonomi secara global. Ia pun menyamakan solusi ini dengan keadaan ketika terjadinya World War II (Perang Dunia kedua).

    "Selama Perang Dunia II, sejumlah besar inovasi, termasuk radar, torpedo andal, dan pemecahan kode, membantu mengakhiri perang lebih cepat," ujar Bill Gates, seperti dilansir dari CNBC International, Jumat (24/4/2020). "Ini akan sama dengan pandemi." (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bill Gates Ungkap Fakta Sebenarnya Soal Vaksin Corona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar