Selain Facebook, Jokowi juga Jadi Pemimpin Dunia Populer di Twitter dan IG

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Media sosial saat ini menjadi penting untuk membangun komunikasi dan citra yang baik untuk seseorang, tidak terkecuali pemimpin negara. Platform media sosial sering digunakan untuk menjadi sarana komunikasi seorang pemimpin negara untuk mendekatkan diri dengan rakyat.

    Presiden Jokowi jadi salah satunya, yang punya 'prestasi' yang baik dalam mengelola akun media sosialnya. Sebelumnya, dilaporkan dalam riset Firma komunikasi global, BCW (Burson Cohn & Wolfe) bersama Twiplomacy bertajuk "World Leaders on Facebook 2020", Jokowi masuk ke dalam enam besar pemimpin dunia yang paling disukai di Facebook.

    Riset tersebut menemukan bahwa akun media sosial Facebook milik Presiden Jokowi masuk dalam enam besar pemimpin dunia yang paling banyak disukai. Sebenarnya, akun Facebook Jokowi berada di peringkat tujuh yang paling disukai atau jumlah pengikut terbanyak.

    Tapi, Perdana Menteri India, Narendra Modi, memiliki dua akun Facebook yang sama meraih jumlah pengikut yang banyak. Jadi, berdasarkan urutan pemimpin negara, Jokowi menempati enam besar akun Facebook yang paling banyak pengikutnya.

    Akun Facebook resmi Presiden Jokowi memiliki 9,8 juta pengikut dengan pertumbuhan 9,1 persen dari tahun lalu. Di samping itu, akun Facebook Jokowi juga masuk dalam kategori paling aktif di Facebook. Dalam 12 bulan terakhir, akun tersebut memiliki jumlah interaksi mencapai 74 juta dengan interaction rate 1 persen. Interaksi di sini didefinisikan sebagai jumlah total suka dalam posting, komentar dan postingan yang dibagikan.

    Berdasarkan situs Twiplomacy, 'prestasi' Presiden Jokowi di dunia maya tidak itu saja. Jokowi juga tercatat mendapatkan catatan baik di platform media sosial Instagram dan Twitter.

    Dengan jumlah followers 30 juta, akun Instagram Presiden Jokowi menduduki peringkat dua dalam daftar "The 50 Most Followed World Leaders Instagram" dan hanya kalah dari PM India Narendra Modi. Kemudian, dalam kategori "The 50 World Leaders with the Most Interaction Instagram", akun Presiden Jokowi juga berada di posisi dua, hanya kalah dari Presiden Brasil Jair M. Bolsonaro.

    Sementara untuk Twitter, 'prestasi' Presiden Jokowi yang menonjol adalah masuk 10 besar dalam kategori "The 50 Most Followed World Leaders Twitter". Dengan jumlah followers 13 juta, akun Twitter Presiden Jokowi berada di posisi delapan.

    Akun Facebook milik pemerintah Indonesia lainnya juga menjadi perhatian, yaitu akun @Setkabgoid dan @KSPgoid. Akun @Setkabgoid menduduki posisi enam dalam kategori Pemimpin Dunia Paling Aktif di Facebook. Sementara, akun @KSPgoid yang dimiliki Kantor Staf Presiden Republik Indonesia masuk peringkat 10 besar di kategori Pemimpin Dunia Paling Aktif di Twitter.

    Akun milik Sekretariat Kabinet @Setkabgoid tercatat sudah melakukan 4.262 posting selama 12 bulan terakhir dengan rata-rata lebih dari 12 postingan per hari. Sedangkan, akun @KSPgoid rata-rata membuat 32 tweet per hari.

    Sumber : infopresiden.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Selain Facebook, Jokowi juga Jadi Pemimpin Dunia Populer di Twitter dan IG
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar