Tak Sholat Jumat 3 Kali Saat Wabah Corona Jadi Kafir? Ini Penjelasan Ulama

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sholat Jumat termasuk salah satu ibadah inti dalam Islam. Ibadah ini berlaku wajib bagi pria muslim, tetapi sunah bagi muslimah. Bisa dibilang, Sholat Jumat mengandung konsekuensi sangat besar untuk orang yang sengaja melalaikannya.

    Lazim kita mendengar seorang Muslim yang dengan sengaja meninggalkan Sholat Jumat sebanyak tiga kali tanpa alasan yang dibenarkan, dia bisa dikategorikan sebagai seorang kafir.

    Sejak wabah corona melanda di bulan Maret yang lalu, banyak masjid tidak menyelenggarakan Sholat Jumat atas imbaun pemerintah dan ulama di seluruh dunia. Ini dimaksudkan untuk mencegah potensi jemaah tertular wabah virus corona.

    Di Indonesia sendiri, sejumlah masjid diketahui tidak menyelenggarakan ibadah Sholat Jumat minimal dua kali. Jemaah diimbau sholat di rumah dan menggantinya dengan Sholat Zuhur.

    Tetapi, masih banyak orang yang ragu dan khawatir menjadi kafir jika meninggalkan Sholat Jumat di tengah virus corona. Apakah benar hukum status kafir berlaku bagi mereka yang meninggalkan Sholat Jumat tiga kali di tengah wabah virus corona seperti sekarang?

    Ini Penjelasannya

     

    Ada baiknya menyimak penjelasan seorang dai, Ustaz Khalid Basalamah. Dia membuat video penjelasan mengenai masalah ini dan diunggah kembali oleh akun Instagram @makassar_iinfo.

    Dalam video tersebut. Ustaz Khalid mengatakan ancaman kafir ditetapkan oleh Rasulullah Muhammad SAW kepada mereka yang tahawun atau bermalas-malasan. Yaitu mereka yang meninggalkan Sholat Jumat tanpa uzur dan hanya karena malas.

    " Tapi ini ada uzur, ini lain, insya Allah tidak ada hitungannya," kata Ustaz Khalid.

    Sampai lebih dari tiga kali meninggalkan Sholat Jumat karena menghindari virus corona, Ustaz Khalid menilainya tidak ada masalah. Sebab, cara tersebut merupakan bagian dari menerapkan perintah Rasulullah untuk mengindari bahaya.

    " Jadi kita tidak boleh menyusahkan orang. Anda kalau masuk ke masjid sementara Anda tidak sadar menyebarkan corona kepada mereka atau Anda tertimpa (terkena virus corona), kan jadi masalah," kata Ustaz Khalid.

    Lebih lanjut, Ustaz Khalid meminta umat Islam tidak perlu khawatir.

    Doa Memohon Keselamatan dan Keberkahan Negeri

    Situasi di Indonesia saat ini tidak sedang menghadapi cobaan. Ancaman virus corona covid-19 yang telah menjangkiti ribuan orang membuat masyarakat khawatir.

    Semua orang tengah berusaha menjaga kesehatan pribadi atau keluarganya demi mencegah dari penularan virus corona.

    Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan situasi akan kembali seperti sedia kala. Banyak yang memprediksi dampak virus ini akan terus terjadi dalam satu dua bulan ke depan.

    Tentu, kita berharap virus corona dapat segera lenyap dari negeri ini. Salah satu langkah sederhana adalah dengan melindungi diri agar tidak tertular atau menularkan virus Covid-19 kepada orang lain.

    Selain berbagai ikhtiar yang sudah dilakukan, sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk membaca doa di bawah ini agar negeri kita selamat dan terberkahi. Doa ini merupakan doa Nabi Ibrahim AS yang terdapat dalam Surat Al Baqarah ayat 126.

     

    Sumber : dream.co.id

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tak Sholat Jumat 3 Kali Saat Wabah Corona Jadi Kafir? Ini Penjelasan Ulama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar