Data ODP Virus Corona Riau Tembus 20.004 Orang, Positif Terinfeksi Corona 3 Orang

Daftar Isi

    LANCANG KUNING,PEKANBARU-Dibandingkan sehari sebelumnya, Rabu (1/4/2020) angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) mereka-mereka yang baru bepergian dari daerah pendemi, tercatat di angka 16.694 orang. Namun, pada data pantauan Covid-19 Riau, Kamis (2/4/2020) ODP ini tembus mencapai 20.004 orang.

    Terpantau di situs Corona.riau.go.id, tercatat yang telah selesai pemantauan sebanyak 1.906 dan sisanya sekitar 18.098 orang masih dalam status ODP.

    Sedangkan, untuk data Pasien Dalam Pengawasan tercatat sebanyak 119 orang dan 38 diantaranya sudah diperbolehkan pulang. Sisanya 80 orang masih dirawat di sejumlah rumah sakit.

    Untuk pasien yanh positif terinfeksi virus Corona tercatat tiga orang, dua diantaranya masih dirawat di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad, yakni pasien rujukan dari rumah sakit di Duri, dan pasien yang terinfeksi saat mengikuti tabligh akbar di Sri Petailing, Malaysia.

    Satu orang pasien berinisial M (63) sudah dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang. 

    Meningkatkan ODP di Riau ini, diperkirakan karena kedatangan ribuan TKI dari Malaysia, setelah negara ini memberlakukan lockdown.

    Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Riaudr Indra Yovimengatakan, ribuan TKI yang pulang memang langsung ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) karena Malaysia termasuk negara penularan penyakit tersebut.

    "Seluruh TKI dipantau kesehatannya ketika tiba berupa pengukuran suhu tubuh dan disemprot cairan disinfektan," katanya.

    Menurut dia, bagi yang suhunya 38 derajat Celcius dan ada gejala terinfeksi virus coronaakan langsung dikarantina di daerah kedatangan, sedangkan bagi yang dinilai sehat boleh pulang dan harus melakukan karantina mandiri.

    Hal itu, kata dia, untuk menjamin dia tidak menularkan penyakit ke keluarganya dan orang lain. Karantina mandiri di rumah juga harus menerapkan pembatasan fisik yang tegas.

    “Bukan hanya di rumah saja, tapi juga harus tegas isolasi mandiri. Social distancing yang kuat, jangan dulu memeluk anaknya, kalau bisa pakaimasker,” ujar dr Indra Yovi.(rie)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Data ODP Virus Corona Riau Tembus 20.004 Orang, Positif Terinfeksi Corona 3 Orang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar