Pemprov Riau Akan Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karlahut

Daftar Isi

    kebakaran hutan riau

    PEKANBARU, LancangKuning.Com,- Pemerintah Provinsi Riau, segera akan menetapkan status Riau menjadi Siaga Darurat Preventif Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla. Langkah ini ditempuh, setelah dua kabupaten, yakni Rokan Hulu dan Kota Dumai, telah terlebih dahulu menetapkan status tersebut.

    Menurut Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, status Siaga Darurat Preventif Karhutla yang telah ditetapkan Pemkab Rohul dan Pemko dumai tersebut, setelah melihat perkembangan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi saat ini di dua daerah tersebut. Artinya,

    dibanding hari-hari sebelumnya, kondisinya semakin bertambah parah.
    Dikatakan, dengan demikian, Pemprov Riau langsung menindaklanjuti status dua daerah ini.

    "Ya dengan adanya status siaga darurat preventif dari dua daerah ini, maka kita dari Provinsi langsung menindaklanjutinya. Insya Allah, Senin kita tetapkan status siaga preventif,"ujar Edwar Sanger.

    Lanjutnya, dengan penetapan status tersebut, maka langsung dibentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Karlahut. Satgas ini perlu langsung dibentuk, agar dalam menjalankan tugas di lapangan, bila dilakukan  secara terkoodinir. Selanjutnya koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru  untuk melakukan kajian.

    "Begitu status keluar, kita bentuk langsung Satgas, kita minta kepada Pangdam agar kembali menunjuk Danrem sebagai Komandan Satgas. Kita koordinasikan dengan Lanud Roesmin Nurjadin, untuk membentuk posko kembali di Lanud. Selanjutnya kita laporkan kepada BNPB," jelasnya. (SAN)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemprov Riau Akan Segera Tetapkan Status Siaga Darurat Karlahut
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar