Muhammad Buron, Gubri Surati Mendagri soal Plh Bustami HY

Daftar Isi

    i

    LANCANGKUNING,PEKANBARU-Hingga saat ini Wakil Bupati Bengkalis yang ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bengkalis, Muhammad masih buron, setelah namanya ditetapkan Polda Riau masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

    Meski telah menunjuk Sekretaris Daerah (Sekakab) Bengkalis Bustamy sebagai Pelaksana harian (Plh) Bupati Bengkalis. Gubernur Riau Syamsuar MSi mengirimkan surat ke Menteri Dalam Negeri meminta petunjuk dan arahan terkait pengangkatan Sekda Bustami HY sebagai Plt Bupati Bengkalis.

    "Saya sudah ajukan surat ke Pak Menteri, kita masih menunggu jawabannya," kata Syamsuar kepada wartawan di Pekanbaru, Sabtu (28/3/2020)

    Pertimbangan mengirimkan surat untuk penetapan Bustami sebagai Plt, karena kewenangannya sebagai Plh terbatas di dalam menjalankan roda pemerintahan. 

    "Sekarang masih Plh, kita masih menunggu petunjuk dari Pak Menteri (Mendagri)," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

    Gubri mengungkapkan, jika nantinya sudah ada persetujuan dari Mendagri terkait penunjukan Sekda Bengkalis menjadi Plt Bupati Bengkalis maka pihaknya langsung akan memproses pengangkatannya.

    Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bengkalis Muhammad menjadi tersangka dugaan korupsi pipa transmisi PDAM senilai Rp3,4 miliar. Dugaan korupsi itu terjadi kala Muhammad menjabat sebagai Kepala Bidang di Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau beberapa waktu lalu.

    Usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Riau, Muhammad justru melarikan diri dan tiga kali mangkir dari panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus. Politisi PDI-P itu pun kini menyandang status buronan.

    Kala menyandang status buronan itu, Muhammad juga melakukan perlawanan dengan menggugat Polda Riau ke meja hijau dengan praperadilan, meski gugatan itu akhirnya dimentahkan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Muhammad Buron, Gubri Surati Mendagri soal Plh Bustami HY
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar