Disebut Ridwan Kamil Obat Corona, Semanjur Apakah Klorokuin?

Daftar Isi

    LancangKuning.com-Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendorong universitas untuk meneliti klorokuin sulfat atau biasa disebut klorokuin saja. Obat malaria yang kandungannya sama seperti pohon kina ini disebutnya punya potensi untuk mengobati virus corona COVID-19.

    "Klorokuin ini bisa menghambat pertumbuhan dan memblokade virus Corona ini," kata Emil, sapaan akrabnya, dalam sebuah wawancara.

    Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinis Universitas Padjajaran (Unpad) Keri Lestari menyebut, klorokuin sejak lama digunakan untuk mengobati malaria. Obat ini memiliki kandungan yang sama dengan pohon kina yang banyak tumbuh di Jawa Barat.

    "Klorokuin itu berdasarkan hasil riset di Cina, di Wuhan dengan klorokuin menunjukkan adanya perbaikan," kata Keri.

    Ketua Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Zubairi Djoerban, menyebut obat malaria klorokuin sering dipakai juga dalam pengobatan lupus dan rheumatoid arthritis. Dalam beberapa kasus yang dilaporkan, obat ini memang diklaim bisa mengobati COVID-19.

    Klaim serupa juga disematkan pada beberapa obat HIV (Human Immunodeficiency Virus), yang dalam beberapa kasus juga dipakai untuk mengobati pasien COVID-19. Jenis obat HIV yang dipakai, menurut Prof Zubairi adalah lini-2 Aluvia yang merupakan kombinasi Lopinavir dan Ritonavir.

    "Belum ada bukti yang cukup kuat untuk menjadi obat pilihan," kata Prof Zubairi, menanggapi berbagai klaim tersebut.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Disebut Ridwan Kamil Obat Corona, Semanjur Apakah Klorokuin?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar