Bill Gates Makin Takut Virus Corona, Ini Alasannya

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com-Bill Gates sangat memperhatikan perkembangan wabah virus corona dan telah berjanji menyumbangkan USD 100 juta untuk membantu memeranginya. Akan tetapi ia makin khawatir lantaran virus ini mulai terlihat seperti pathogen yang melanda sekali dalam seabad.

    "Saya harap tidak seburuk itu, tapi kita harus berasumsi akan seperti itu sampai kita tahu sebaliknya," sebut sang pendiri Microsoft dalam artikelnya di The New England Journal of Medicine.

    Menurut dia, Covid-19 adalah ancaman serius bagi dunia lantaran lebih mematikan dan mudah menular dibanding virus lainnya. Belum lagi kadang orang yang kena tidak menunjukkan gejala.

    "Pertama-tama, ia bisa membunuh orang dewasa sehat di samping orang tua dengan masalah kesehatan. Kedua, Covid-19 bertransmisi cukup efektif. Rata-rata orang terinfeksi menularkan penyakit itu ke dua atau tiga orang lain," sebutnya.

    CNBC, Gates menyebut pula bahwa peluang kematian lebih besar dibanding influenza. WHO menyebutkan berkisar 0,7% sampai 4%, tergantung pada kualitas perawatan.

    Menurut Gates, rata-rata kematian 1% berada di antara pandemi flu Asia di tahun 1957 yang menewaskan 1,1 juta dengan 0,6% dan pandemi flu Spanyol tahun 1918 dengan 2%, yang mematikan 50 juta penderitanya.

    Gates pun meminta pemimpin dunia untuk coba memperlambat penyebaran virus itu dan agar negara maju membantu negara berkembang atau miskin. "Patogen seperti coronavirus bisa dengan cepat membuat mereka kewalahan," cetusnya.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bill Gates Makin Takut Virus Corona, Ini Alasannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar